Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS MASJID (STUDI PADA PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MASJID BAITUS SALAM KELURAHAN TIRTA SIAK KECAMATAN PAYUNG SEKAKI KOTA PEKANBARU)

AL AMIN, - (2024) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS MASJID (STUDI PADA PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MASJID BAITUS SALAM KELURAHAN TIRTA SIAK KECAMATAN PAYUNG SEKAKI KOTA PEKANBARU). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI AL AMIN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Abstrak Nama : Al Amin Program Studi : Pengembangan Masyarakat Islam Judul : PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS MESJID (Studi Terhadap Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Masjid Baitus Salam Kelurahan Tirta Siak Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru) Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana Pemberdayaan Masyarakat Berbasis masjid (Studi Terhadap Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Masjid Baitus Salam Kelurahan Tirta Siak Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru). Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi sebagai Teknik pengumpulan datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Pemberian Motivasi. Motivasi diberikan melalui berbagai pendekatan, mulai dari ceramah inspiratif, pelatihan keterampilan, hingga pendampingan personal. Kedua, Penyadaran Kerja. masjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai pusat kegiatan yang mendorong semangat produktif, proaktif dan penyadaran kerja dalam kehidupan masyarakat. Ketiga, Bantuan Modal program bantuan modal untuk pedagang kue dan penjahit adalah salah satu inisiatif penting dari Masjid Baitussalam untuk membantu pedagang kecil di sekitar masjid. Para pedagang kue dan penjahit yang menerima bantuan modal mampu meningkatkan produksi dan memperluas jangkauan pasar. Keempat, Pembangunan Prasarana. Prasarana yang tersedia di tengah-tengah masyarakat yang kurang berdaya dapat menjadi kunci untuk menggali potensi yang dimiliki oleh masyarakat tersebut dan mempermudah mereka dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Kelima, Pendampingan. Pendamping bertindak sebagai fasilitator yang membantu memperkuat pengetahuan, keterampilan, dan kapasitas masyarakat untuk mengatasi tantangan dan masalah yang dihadapi. Keenam, Kelembagaan. Masjid Baitus Salam berfungsi sebagai lembaga yang memfasilitasi masyarakat dan memberikan kemudahan dalam mengakses berbagai sumber daya yang dibutuhkan masyarakat. Kata kunci : Pemberdayaan Masyarakat, Program Berbasis Masjid, Pemberdayaan Ekonomi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuhammad Soim, S.Sos.I., MA, --muhammad.soim@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:45
Last Modified: 10 Jul 2024 03:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81124

Actions (login required)

View Item View Item