Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENGENAL HURUF HIJAIYAH MELALUI METODE IHSAN PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADIST KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA AMAL IKHLAS PEKANBARU

Rosmeli (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENGENAL HURUF HIJAIYAH MELALUI METODE IHSAN PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADIST KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA AMAL IKHLAS PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012688.pdf

Download (633kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam mengenal huruf hijaiyah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan Metode Ihsan dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada mata pelajaran Qur’an Hadist kelas II Madrasah Ibtidaiyah Swasta Amal Ikhlas Pekanbaru?. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa sebanyak 15 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah Metode Ihsan. Adapun tempat penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Swasta Amal Ikhlas Pekanbaru. Adapun waktu penelitian ini dilakukan pada tanggal 16 Novemmber sampai tanggal 07 Desember 2011. Mata pelajaran yang diteliti adalah Qur’an Hadist. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran peneltian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1. Perencanaan tindakan, 2. Pelaksanaan tindakan, 3. Observasi, dan 4. Refleksi. Berhasilnya penerapan Metode Ihsan pada mata pelajaran Qur’an Hadist, diketahui sebelum tindakan diperoleh ketuntasan secara klasikal hanya mencapai 26,66%. Pada Siklus I dengan penerapan Metode Ihsan mengalami peningkatan diperoleh ketuntasan secara klasikal 53,33%. Pada Siklus II dengan penerapan Metode Ihsan mengalami peningkatan diperoleh ketuntasan secara klasikal 86,66%. Pada Siklus III dengan penerapan Metode Ihsan mengalami peningkatan diperoleh ketuntasan secara klasikal 100%. Jadi hipotesis diterima bahwa penerapan Metode Ihsan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenal huruf hijaiyah pada mata pelajaran Qur’an Hadist kelas II Madrasah Ibtidaiyah Swasta Amal Ikhlas Pekanbaru pada materi pokok “Mengenal dan Membaca Huruf Hijaiyah” semester 1 tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Sep 2016 08:00
Last Modified: 04 Oct 2016 02:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8100

Actions (login required)

View Item View Item