Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS) DAN PRICE TO BOOK VALUE (PBV) TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 2019-2023

Rani Safitri, - (2024) PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS) DAN PRICE TO BOOK VALUE (PBV) TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 2019-2023. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rani Safitri (2024) : PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS) DAN PRICE TO BOOK VALUE (PBV) TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 2019-2023 Salah satu instrumen pasar modal yang mendorong para investor untuk berinvestasi adalah saham. Harga saham pada perusahaan yang terdaftar di JII, mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Salah satu indikator yang di gunakan untuk mengukur tingkat harga saham adalah Earning Per Share dan Price to Book Value yang merupakan sebagai variabel independen Penelitian. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Earning Per Share dan Price to Book Value terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar di JII 30 periode 2019-2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan laporan triwulan dari 14 perusahaan yang terdaftar di JII selama 5 tahun terakhir, terdiri dari 280 sampel, penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan bantuan software eviews 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial bahwa Earning Per Share tidak berpengaruh terhadap harga saham, dan Price to Book Value berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham Sementara secara simultan atau bersama-sama variabel Earning Per Share dan Price to Book Value berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Sedangkan dari uji determinasi nilai R-squared sebesar 0.105612, dapat disimpulkan bahwa kontribusi sumbangan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen adalah sebesar 10,5612%. Berdasarkan perspektif ekonomi syariah investasi saham pada perusahaan JII sudah sesuai dan memenuhi persyaratan hukum islam, dan hal ini sesuai dengan pendapat para ulama dan dengan adanya perusahaan JII ini memudahkan para investor untuk menentukan saham-saham syariah. Kata Kunci : Earning Per Share, Price to Book Value, Harga Saham dan Persepektif Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNUR HASANAH, S.E,MM, -2014057301nurhasanah.bustam@uin-suska.ac.id
Thesis advisorDESI DEVRIKA DEVRA, M.Si, -2027127304desi.devrikadevra@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 09 Jul 2024 05:13
Last Modified: 09 Jul 2024 05:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80946

Actions (login required)

View Item View Item