Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL TEROPONG PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD NEGERI 005 DESA KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

Nurfriza (2012) PENERAPAN MODEL TEROPONG PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD NEGERI 005 DESA KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012666.pdf

Download (559kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bilangan Pecahan, hal ini terlihat dari hasil belajar siswa secara klasikal yang diperoleh sebelum tindakan atau Pra Tindakan yaitu 39,28% hanya 11 siswa yang tuntas dari 28 siswa, adapun perumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Penerapan Model Teropong Pecahan dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika materi Bilangan Pecahan kelas III SD Negeri 005 Desa Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar”. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 005 Desa Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar, sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Model Teropong Pecahan. Berhasilnya Penerapan Model Teropong Pecahan Pada Mata Pelajaran Matematika, diketahui dari adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Secara Klasikal nilai hasil belajar siswa kelas III pada ulangan harian I siklus I yaitu 57,14%, namun nilai ini belum dapat dikatakan berhasil karena masih dibawa indikator keberhasilan yang ditetapkan oleh peneliti yaitu 75% dari seluruh jumlah siswa, selanjutnya diadakan ulangan harian II siklus II dan nilai klasikal yang didapat 78,57%, Oleh karena itu, tingkat keberhasilan telah melebihi 75% dari seluruh jumlah siswa. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika dengan Penerapan Model Teropong Pecahan dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Sep 2016 07:51
Last Modified: 04 Oct 2016 02:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8094

Actions (login required)

View Item View Item