Lona Martalena (2012) PENERAPAN PENDEKATAN PENGAJARAN TERBALIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS MATERI ORGAN PERNAPASAN MANUSIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 006 PULAU GADANG KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012649.pdf Download (356kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class action research). Berdasarkan hasil pengamatan di SDN 006 Pulau Gadang Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar, ditemui beberapa fenomena tentang masalah rendahnya kreativitas berpikir murid, seperti; 1) siswa Kurang tekun dalam mengerjakan tugas yang diberikan, hal ini terlihat hampir 10 siswa (50%) siswa tidak dapat mengerjakan tugas tepat pada waktunya. 2) hasil belajar yang diperoleh siswa belum optimal, hal ini terlihat dari nilai raport khususnya pada mata pelajaran Sains, hasil belajar siswa masih mencapai rata-rata kelas 57,50 atau belum mencapai nilai KKM yang telah di tetapkan yaitu 70. 3) hanya 1, 2 siswa yang dapat menjawab pertanyaan yang diajukan guru setelah penyampaian materi pelajaran. Untuk mengatasi rendahnya kreativitas berpikir murid tersebut penulis menerapkan pendekatan model pembelajaran terbalik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah untuk penelitian ini adalah: Apakah hasil belajar Sains Siswa pada Materi Organ pernapasan manusia dapat ditingkatkan melalui pendekatan pengajaran terbalik kelas V SDN 006 Pulau Gadang Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar?. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, data yang di uraikan adalah sebelum tindakan, pada Siklus I dan Siklus II, tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Kemudian data dalam penelitian ini diolah menggunakan rumus persentase yang dikemukakan oleh anas sudijono, yaitu: 100% N F p x Berdasarkan hasil observasi tes hasil belajar siswa, maka dapat diketahui bahwa ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar ( 36% pada data awal, 64% pada Siklus I dan 86% pada Siklus II). Jadi peningkatan dari data awal, siklus I dan siklus II adalah sebesar 50%
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 30 Sep 2016 07:45 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 02:52 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8090 |
Actions (login required)
View Item |