Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN BERBELANJA PADA TOKO JAYA SERBA 35 KOTA PEKANBARU PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

RIZKA MANJANI, - (2024) PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN BERBELANJA PADA TOKO JAYA SERBA 35 KOTA PEKANBARU PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Rizka Manjani (2024) : Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Berbelanja Pada Toko Jaya Serba 35 Kota Pekanbaru Perspektif Ekonomi Syariah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pesatnya perkembangan usaha pada Toko Pakaian Serba 35 yang mengakibatkan ketatnya persaingan. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh para pengusaha yaitu dengan memberikan kepuasan terhadap konsumen dengan lebih baik lagi. Kepuasan konsumen menjadi prioritas dalam penelitian ini. Harga dan kualitas produk menjadi faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah harga dan kualitas produk mempengaruhi kepuasan konsumen berbelanja pada Toko Jaya Serba 35 Kota Pekanbaru dan Bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen berbelanja pada Toko Jaya Serba 35 Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 responden yang diambil berdasarkan dengan Rumus Slovin dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode Accidental Sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresi linear berganda sebagai berikut : Y = 4,879 + 0,277 X1 + 0,429 X2 + 1 %. Hal ini menunjukkan bahwa variabel harga berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen hal ini dibuktikan dengan Uji t dapat dilihat dari nilai t hitung (2,068) > t tabel (2,002) dengan nilai sig sebesar 0,043. Variabel kualitas produk berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, hal ini dibuktikan dengan Uji t dapat dilihat dari nilai t hitung (3,677) > t tabel (2,002) dengan nilai sig sebesar 0,001. Berdasarkan hasil Uji F, maka dapat disimpulkan bahwa harga dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen di Toko Jaya Serba 35 hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung (42,624) > F tabel (3,159) dan nilai sig = 0,000 < 0,05. Dari uji Koefesien Determinasi R2 sebesar 0,585, nilai tersebut menggambarkan bahwa harga dan kualitas produk mempengaruhi kepuasan konsumen sebesar 58,5 %. Nilai R sebesar 0,774, maka korelasi antara harga dan kualitas produk dengan kepuasan konsumen memiliki hubungan yang kuat. Dalam perspektif ekonomi syariah, tentang harga dan kualitas produk yang ditetapkan oleh Toko Jaya Serba 35 sudah sesuai dengan prinsip syariah. Sehingga sudah memberikan kepuasan kepada konsumen yang berbelanja, dimana konsumen merasa puas terhadap harga dan kualitas produk di Toko Jaya Serba 35. Kata Kunci : Harga, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDr. BUDI AZWAR, S.E., M.Ec, -2023087301budi.azwar@uin-suska.ac.id
Thesis advisorHAIRUL AMRI, M.Ag, -2001048001ayahaini73@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 08 Jul 2024 07:44
Last Modified: 08 Jul 2024 07:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80887

Actions (login required)

View Item View Item