MESSA SEPTIA, - (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIRTUAL TOUR MUSEUM PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SD ISLAM AL AZHAR 54 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
SKRIPSI MESSA SEPTIA.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Messa Septia, (2024): Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Virtual Tour Museum pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas IV SD Islam Al Azhar 54 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: 1) Penggunaan media pembelajaran pada pelajaran IPAS di kelas IV SD; 2) Kebutuhan media pembelajaran di kelas IV SD; 3) Spesifikasi media pembelajaran interaktif berbasis virtual tour museum pada pelajaran IPAS di kelas IV SD; 4) Rancangan desain penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis virtual tour museum; 5) Validitas media pembelajaran interaktif berbasis virtual tour museum; 6) Praktikalitas media pembelajaran interaktif berbasis virtual tour museum. Penelitian ini merupakan Research and Development model 4D. penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu: 1) Define, 2) Design, 3) Develop, 4) Dessimanate. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa dan 3 guru. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran di kelas hanya menggunakan media pembelajaran yang monoton dan kurang bervariasi; 2) Pembelajaran Tematik membutuhkan media pembelajaran yang bersifat interaktif; 3) Spesifikasi Media Pembelajaran berbentuk Musem Virtual dengan muatan materi yang kontekstual dan diakses menggunakan Gadget; 4) Rancangan desain produk dengan menyusun draf awal (penyusunan isi, penyuntingan gambar), dan mendesain grafika produk menggunakan website Artsteps.com, melakukan submit dan publish, menyimpan link URL museum virtual; 5) Media Pembelajaran divalidasi oleh ahli materi dengan nilai 100% kategori Valid, bahasa dengan nilai 91,7% kategori Valid, grafika dengan nilai 92,4% kategori Valid. 6) Uji Praktikalitas dilakukan secara terbatas yang melibatkan 15 orang siswa dengan hasil 90,6% kategori Valid dan 3 orang guru dengan hasil 100% kategori Valid. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis virtual tour museum Layak digunakan di SD Islam Al Azhar 54 Pekanbaru. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Virtual Tour Museum, Penelitian Pengembangan
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2024 03:58 | ||||||||
Last Modified: | 08 Jul 2024 08:17 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80880 |
Actions (login required)
View Item |