Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

“PENGARUH GREEN ACCOUNTING, CARBON EMISSION DISCLOSURE DAN OPERATING COST TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN INDEKS MAQASHID SYARIAH SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA BANK UMUM SYARIAH DAN UNIT USAHA SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2021-2023”

AR-RUM RIZKIANI NUGRAHANTI, - (2024) “PENGARUH GREEN ACCOUNTING, CARBON EMISSION DISCLOSURE DAN OPERATING COST TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN INDEKS MAQASHID SYARIAH SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA BANK UMUM SYARIAH DAN UNIT USAHA SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2021-2023”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

AR-RUM RIZKIANI NUGRAHANTI (2024): “PENGARUH GREEN ACCOUNTING, CARBON EMISSION DISCLOSURE DAN OPERATING COST TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN INDEKS MAQASHID SYARIAH SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA BANK UMUM SYARIAH DAN UNIT USAHA SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2021-2023” Pesatnya pertumbuhan BUS dan UUS di Indonesia membuat setiap bank harus dapat menjaga keseimbangan aktivitas bisnisnya. Salah satu aspek yang bisa menjadi tolak ukur adalah kemapuan bank dalam meningkatkan nilainya. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh green accounting, carbon emission disclosure, dan operating cost terhadap nilai perusahaan dengan indeks Maqashid syariah sebagai variabel mediasi pada BUS dan UUS yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan periode 2021-2023. Populasi penelitian ini adalah bank umum syariah dan unit usaha syariah yang terdaftar Otoritas Jasa Keuangan tahun 2021-2023, dengan menggunakan metode purposive sampling, 18 entitas yang terpilih menjadi sampel dengan hasil observasi 54. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Otoritas Jasa Keuangan. Alat analisis yang digunakan eviews 12. Sedangkan metode pengolahan data yang digunakan adalah analisis data panel. Penelitian ini diketahui bahwa nilai R2 pada pengujian I sebesar 20,96% dan pengujian II sebesar 39,01%. Setelah dilakukan pengujian penelitian ini memberikan hasil bahwa carbon emission disclosure berpengaruh terhadap indeks Maqashid syarih, green accounting dan operating cost tidak berpengaruh terhadap indeks Maqashid syariah, selanjutnya carbon emission disclosure dan operating cost, berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dan Maqashid syariah, green accounting tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan untuk variabel mediasi carbon emission disclosure dapat memberikan pengaruh terhadap nilai perusahaan melalui indeks Maqashid syariah. Kata Kunci: Green Accounting, Carbon Emission Disclosure, Operating Cost, Nilai Perusahaan, Indeks Maqashid Syariah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHidayati Nasrah, -2029128401Hidayatinasrah@gmail.com
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 09 Jul 2024 04:28
Last Modified: 09 Jul 2024 07:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80825

Actions (login required)

View Item View Item