Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 5 TAPUNG

ZAHARATUN NISA, - (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 5 TAPUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ZAHARATUN NISA (2024) : PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 5 TAPUNG Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan game monopoli dengan kelas lain yang tidak menggunakan game monopoli pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 5 Tapung. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di SMAN5 Tapung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 179 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 72 orang yang terbagi atas dua kelas yaitu 36 orang kelas Kontol (X.3) dan 36 orang kelas Eksperimen (X.5) dengan teknik pengambilan Purposive Sampling dengan dipilih berdasarkan pertimbangan nilai rata-rata kelas siswa yang mendekati sama. Subjek dalam penelitian siswa di kelas X, sedangkan objek pada penelitian ini adalah Pengunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Monopoli terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji tindependent sample test. Berdasarkan hasil penelitian yang dapat disimpulkan nilai Thitung sebesar 5.810 dan sig ( 2-tailed ) = 0,000. Pada taraf signifikasi 5 % dengan df = 70 terlihat Ttabel sebesar 1,666 yang berarti Thitung > Ttabel (5.810 > 1,666 ) yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan game monopoli dengan kelas lain yang tidak menggunakan game monopoli pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 5 Tapung. Kata kunci : Media Pembelajaran Berbasis Game Monopoli, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDarni1002128202darni@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Jul 2024 05:07
Last Modified: 09 Jul 2024 05:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80733

Actions (login required)

View Item View Item