Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN KOTA PEKANBARU DALAM MENGELOLA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @kontak_pemko_pekanbaru SEBAGAI MEDIA INFORMASI

Muhammad Reza, Reza (2024) STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN KOTA PEKANBARU DALAM MENGELOLA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @kontak_pemko_pekanbaru SEBAGAI MEDIA INFORMASI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Strategi komunikasi adalah serangkaian langkah yang direncanakan dengan cermat untuk mencapai tujuan tertentu secara efektif. Dalam konteks ini Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru, pengelolaan akun Instagram @kontak_pemko_pekanbaru menjadi sorotan utama. Strategi ini dimulai dengan menetapkan komunikator internal yang fokus pada kegiatan Walikota dan Sekretaris Daerah serta memanfaatkan kolaborasi dengan akun resmi dan pribadi lainnya. Penargetan sasaran dilakukan dengan fokus pada program pembangunan dan kegiatan relevan bagi masyarakat Kota Pekanbaru, sementara evaluasi respons audiens secara rutin memberikan arahan dalam penyajian konten. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana strategi komunikasi Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru dalam mengelola media sosial Instagram sebagai media informasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melibatkan analisis terhadap data yang diperoleh dari berbagai sumber, termasuk wawancara dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang efektif dapat memperbaiki pengelolaan dan pengembangan pada akun media sosial Instagram @kontak_pemko_pekanbaru. Pada tahap pembentukan tim kerja masih terdapat kekurangan sumber daya manusia, hal ini penting dalam memastikan kelancaran produksi konten, agar tidak terjadinya keterlambatan maupun kesalahan dalam proses produksi konten. Tim terstruktur membantu dalam proses penyusunan pesan, pemilihan media, dan penyebaran informasi. Konten yang dipublikasikan didasarkan pada kegiatan Pemerintah Kota Pekanbaru yang terkait dengan pembangunan dan kegiatan Walikota, serta program-program yang berdampak pada masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAtjih Sukaesih, -2018116901asyahra@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Media Sosial, Instagram
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 05 Jul 2024 08:38
Last Modified: 05 Jul 2024 08:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80722

Actions (login required)

View Item View Item