Deli Siska Yuli (2012) MENINGKATKAN MINAT MEMBACA MELALUI PENERAPANSTRATEGI ANEKDOT PADA SISWA KELAS III MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA HUBBULLAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012584.pdf Download (741kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat membaca siswa, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Adapun gejala-gejala yang peneliti temui dilapangan adalah 1) Adanya sebagian siswa yang malas disuruh membaca dikelas, 2) Adanya sebagian siswa yang tidak berani tampil didepan kelas, 3) Adanya sebagian siswa yang malu-malu apabila disuruh membaca dikelas, 4) Adanya sebagian siswa yang main-main saat pelajaran membaca. Berdasarkan latarbelakang masalah yang dipaparkan, maka penulis dapat merumuskan masalah penelitian ini yaitu: Bagaimanakah peningkatan minat membaca siswa melalui penerapan strategi pembelajaran anekdot pada siswa kelas III mata pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Hubbullah Pekanbaru. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah murid 25 orang, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah 1) Variabel minat membaca siswa. 2) Variabel penerapan strategi anekdot. Tahapan –tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2)Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat minat membaca siswa sebelum tindakan berada pada kategori rendah dengan jumlah minat siswa 58 atau 38,6%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I pada materi teks bacaan cerita pendek melalui penerapan strategi anekdot, minat membaca siswa meningkat dengan jumlah 93 atau 61,3% dengan ketegori tingi. Setelah di perbaiki pada siklus II minat membaca siswa minat membaca siswa mengalami peningkatan yang cukup memuaskan dengan jumlah minat siswa 117 atau 78,3% dengan kategori sangat tinggi. Artinya minat membaca siswa kelas III pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam materi teks bacaan cerita pendek telah mencapai 78,3%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 29 Sep 2016 10:46 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 02:59 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8072 |
Actions (login required)
View Item |