Muhammad Abdillah, -
(2024)
ANALISA SENTIMEN TERHADAP KENAIKAN BBM DI TWITTER (X) MENGGUNAKAN NAIVE BAYES CLASSIFIER.
Jurnal Computer Science and Information Technology (CoSciTech), 5 (1).
pp. 65-73.
ISSN 2723-567X
Abstract
Pada awal September 2022 digemparkan oleh berita naiknya BBM. Pemerintah memutuskan menaikkan harga BBM karena melonjaknya harga minyak dunia. PT Pertamina (Persero) resmi menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pertiga September 2022, jam 14:30 WIB. Sejak keputusan tersebut akan menimbulkan opini dari masyarakat. Masyarakat banyak memberikan tanggapannya melalui sosial media Twitter, baik berupa tanggapan positif maupun tanggapan negatif. Sehingga hal tersebut masyarakat berikan sentimen positif dan negatif. Data yang digunakan sebanyak 3.000 data tweet dengan kata kunci “KENAIKAN BBM,” data diambil pada 1 November 2022 hingga 1 Desember 2022. Penelitian ini menggunakan metode Naive Bayes Classifier, dilakukan dengan tiga perbandingan dengan threshold (0.001 hingga 0.007). Percobaan ini akan dilakukan dengan tiga pengujian data yaitu data opini, data campuran (opini-non opini) dan data seimbang. Berikut hasil pengujian pada data opini mendapatkan akurasi tertinggi sebesar 80% dengan perbandingan 90:10, data campuran mendapatkan akurasi 67.7% dengan perbandingan 70:30 dan data seimbang mendapatkan akurasi 63.6%, dengan perbandingan 90:10.
Actions (login required)
|
View Item |