Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH BIMBINGAN ISLAM TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN ANGGOTA MAJELIS TAKLIM MASJID AL-MUTHMAINNAH PEKANBARU

ULYA CHAIRUNNISA, - (2024) PENGARUH BIMBINGAN ISLAM TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN ANGGOTA MAJELIS TAKLIM MASJID AL-MUTHMAINNAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB V.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Ulya Chairunnisa Nim : 12040226056 Judul : Pengaruh Bimbingan Islam Terhadap Perilaku Keagamaan Anggota Majelis Taklim Masjid Al-Muthmainnah Pekanbaru. Perilaku keagamaan dalam Islam merupakan manifestasi dari keimanan dan ketakwaan seorang hamba kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Bimbingan Islam melalui wirid pengajian merupakan salah satu metode bimbingan Islam mauizhatul hasanah, yang berarti metode dalam mengajak jemaah kepada jalan Allah dengan memberikan nasihat dengan baik, penuh perhatian dan menyentuh hati untuk mendorong mereka melakukan hal yang baik. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh bimbingan Islam terhadap perilaku keagamaan anggota majelis taklim Masjid Al-Muthmainnah Pekanbaru. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif dengan desain penelitian korelasi yang menggunakan pendekatan Cross Sectional. Penelitian ini dilakukan pada ibu-ibu anggota majelis taklim Masjid Al-Muthmainnah Pekanbaru, Kelurahan Tampan, Kecamatan Payung Sekaki. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui dari 30 responden, mayoritas memiliki perilaku keagamaan yang baik, yaitu sebanyak 17 responden (56,7%). Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh P Value = 0,035 < α 0,05. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara bimbingan Islam terhadap perilaku keagamaan anggota majelis taklim Masjid Al-Muthmainnah. Kata kunci: Bimbingan Islam, Perilaku Keagamaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZULAMRI2002077403zulamri@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 05 Jul 2024 07:55
Last Modified: 05 Jul 2024 07:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80664

Actions (login required)

View Item View Item