ANA SETIAWATI, - (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INSTAGRAM KAMPUNGARABPARE_ UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS 1 MA MASMUR PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI ANA SETIAWATI.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Ana Setiawati, (2024): Pengaruh Media Pembelajaran Instagram kampungarabpare_ Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa kelas 1 MA Masmur Pekanbaru Dilatar belakangi oleh menurunnya minat belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab yang dibuktikan dengan banyaknya siswa yang merasa bosan saat pembelajaran bahasa Arab. Instagram adalah aplikasi jejaring sosial terbanyak peminatnya dari kalangan pelajar yang mempunyai tujuan untuk membagikan konten atau foto kepada pengguna lainya. Penelitian ini adalah penelit ian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Instagram kampungarabpare_ terhadap minat belajar siswa kelas 1 MA Masmur Pekanbaru. Rumusan permasalahan dalam penelitian inin adalah: Apakah media pembelajaran Instagram kampungarabpare_ berpengaruh terhadap minat belajar siswa kelas 1 MA Masmur? Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi kemudian test. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas 1 MA Masmur. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas 1 MA Masmur Pekanbaru tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 17 siswa/i. Variabel independen pada penelitian ini adalah aplikasi Instagram dan sebagai variabel dependen adalah minat belajar siswa Metode dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Dari analisis data yang diperoleh , dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Instagram kampungarabpare_ untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas 1 MA Masmur Pekanbaru tidak berpengaruh. Berdasarkan hasil uji post tes siswa menunjukan hal tersebut dengan nilai Dari output tersebut diketahui Bahwa nilai f hitung = 2,116 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,166 > 0,05, maka tidak ada pengaruh variable x terhadap variable y. Keywords: Learn Arabic Application, Internet in Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 05 Jul 2024 07:57 | ||||||||
Last Modified: | 05 Jul 2024 07:57 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80662 |
Actions (login required)
View Item |