Saridah Kudadiri (2012) PENERAPAN DRA (DIRECTED READING ACTIVITY) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 014SUNGAI PUTIH KECAMATAN TAPUNG KEBUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012513.pdf Download (370kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class action research). Berdasarkan hasil pengamatan di kelas V SDN 014 Sei Putih Kecamatang Tapung Kabupaten Kampar, ditemui beberapa fenomena tentang masalah rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia, seperti; 1) kemampuan siswa dalam memahami isi wacana masih rendah, hal ini dapat dilihat bahwa hanya sebagian kecil dari jumlah siswa yang mampu menyebutkan gagasan pokok dan penjelas dalam wacana. 2) Sulitnya siswa menyebutkan pandangan atau amanat yang terdapat dalam sebuah wacana, hal ini terlihat apabila diminta untuk menyebutkan pandangan atau amanat dalam wacana hanya 1, 2 siswa yang mampu menyebutkan dengan baik dan benar. 3) . Kemampuan siswa dalam menyimpulkan isi sebuah wacana siswa masih kesulitan, hal ini terlihat apabila diminta untuk menyimpulkan isi sebuah wacana juga hanya 1, 2 siswa yang dapat menyimpulkan isi sebuah wacana dengan baik. 4). Sulitnya siswa menemukan kalimat yang penting dalam sebuah wacana, hal ini terlihat apabila diberikan tugas ulangan harian, kebanyakan siswa sulit untuk menjawabnya Untuk mengatasi rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa tersebut penulis menerapkan strategi DRA (Directed Reading Activity). Rumusan masalah untuk penelitian ini adalah: apakah melalui strategi DRA (Directed Reading Activity) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada Pelajaran Bahasa Indonesia.di SDN 014 Sei Putih Kecamatang Tapung Kabupaten Kampar siswa kelas V?. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan, data yang di uraikan adalah sebelum tindakan, pada Siklus I dan Siklus II. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui Strategi DRA (Directed Reading Activity) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V 014 Sei Putih Kecamatan Tapung Kebupaten Kampar. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Kemampuan Membaca Pemahaman siswa sebelum tindakan diperoleh rata-rata klasikal 49,8, pada siklus I terjadi peningkatan 63,5, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata klasikal 86 dengan kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 29 Sep 2016 10:34 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 03:00 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8065 |
Actions (login required)
View Item |