SAIDAH HASIBUAN, - (2024) STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN SPAREPART MOTOR DITOKO RUBIAH DESA SIRAISAN MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
BAB I- BAB V.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (777kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi strategi pemasaran untuk mempertahankan loyalitas pelanggan sparepart motor di toko Rubiah Desa Siraisan.Pemasaran merupakan aspek kunci dalam perdagangan,. Persaingan merupakan hal yang tak terhindarkan dalam dunia bisnis, mendorong pelaku usaha untuk mengembangkan strategi pemasaran yang tepat guna bertahan dan bersaing di pasar yang semakin terbuka. Dengan adaptasi yang baik terhadap perubahan perilaku bisnis, pebisnis dapat memenangkan pertarungan di pasar dan mempertahankan loyalitas pelanggannya. Rumusan masalah penelitian Penelitian Bagaimana strategi pemasaran dalam mempertahankan loyalitas pelanggan sparepart motor Toko Rubiah Desa Siraisan, Bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap strategipemasaran dalam mempertahankan loyalitas pelanggan sparepart motor ditoko Rubiah Desa Siraisan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan dalam mempertahankan loyalitas pelanggan menurut ekonomi syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan pendekatan penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di toko sparepart motor Rubiah Desa Siraisan. Subjek penelitian ini adalah pemilik toko sparepart motor Rubiah, pegawai toko dan konsumen. Objek penelitian ini adalah toko sparepart motor toko Rubiah Desa Siraisan. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara,observasi dan dokumentasi., wawancara dengan pemilik, pegawai dan pelanggan, serta analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa toko Rubiah membangun loyalitas pelanggan melalui kombinasi stok lengkap, kualitas produk yang baik, harga terjangkau, dan pelayanan pelanggan yang ramah. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan, harga, kualitas produk, dan lokasi merupakan faktor penting dalam mempengaruhi loyalitas pelanggan. dengan mengintegrasikan nilai-nilai ekonomi syariah dalam konteks strategi pemasaran. Hal ini melibatkan sikap lemah lembut, kebaikan hati, dan fokus pada kepentingan pelanggan (Itsar) sebagai prinsip utama.Selain itu, pendekatan pemasaran yang berlandaskan prinsip-prinsip syariah, menghindari transaksi haram seperti goror, maisir, riba dan bathil
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 08:27 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 08:27 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80640 |
Actions (login required)
View Item |