Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN GURU DALAM MEMBANGKITKAN KESADARAN BINA DIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA PELITA HATI KOTA PEKANBARU

SRI RAHMAYANI RAMBE, - (2024) PERAN GURU DALAM MEMBANGKITKAN KESADARAN BINA DIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA PELITA HATI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)

Abstract

SRI RAHMAYANI RAMBE (2024) : PERAN GURU DALAM MEMBANGKITKAN KESADARAN BINA DIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA PELITA HATI KOTA PEKANBARU Berdasarkan hasil pengamatan dilapangan terhadap peran guru dalam membangun kesadaran bina diri anak berkebutuhan khusus yang masih belum berkembang sehingga perlu dilakukan penerapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam membangun kesadaran diri anak berkebutuhan khusus di SLB Pelita Hati Kota Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan anak didik, dengan jumlah guru 12 orang, 96 peserta didik, dan dibagi menjadi 10 kelas. Fokus penelitian ini adalah peran guru dalam membangun kesadaran diri anak berkebutuhan khusus. Pengambilan data dengan teknik snowball sampling yang artinya penentuan sampel yang awalnya berjumlah kecil, kemudian membesar. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi. teknik analisis data menggunakan langkah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (verification). Hasil penelitian ini adalah peran guru dalam membangun kesadaran bina diri anak yaitu guru sebagai konselor, supervisor, motivator, evaluator, dan program pembiasaan. Faktor pendukung menyediakan fasilitas dan faktor penghambat peran orangtua yang tidak memberikan penuh rasa kepercayaan sehingga apa yang dipelajari disekolah tidak diterapkan saat dirumah. Kata kuci: Membangkitkan kesadaran bina diri anak berkebutuhan khusus

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Jul 2024 08:17
Last Modified: 05 Jul 2024 08:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80639

Actions (login required)

View Item View Item