Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI KEPALA TATA USAHA DALAM PENGELOLAAN ADMINISTRASI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KERITANG INDRAGIRI HILIR

KASMAWATI, - (2024) STRATEGI KEPALA TATA USAHA DALAM PENGELOLAAN ADMINISTRASI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KERITANG INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (802kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI KASMAWATI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kasmawati (2024): Strategi Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Administrasi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Keritang Indragiri Hilir Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) strategi kepala tata usaha dalam pengelolaan administrasi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Keritang Indragiri Hilir. 2) faktor pendukung dan penghambat strategi kepala tata usaha dalam pengelolaan administrasi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Keritang Indragiri Hilir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif secara deskriptif. Subjek penelitian yaitu kepala tata usaha sebagai informan kunci, dan pihak yang terlibat seperti kepala sekolah, tenaga pendidik, dan peserta didik sebagai informan tambahan. Adapun objek dari penelitian ini adalah strategi kepala tata usaha dalam pengelolaan administrasi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Keritang Indragiri Hilir. Data penelitian diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi melalui teknik analisis data menggunakan tahapan pengumpulan data, penyaringan data (reduksi), pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) Kepala Tata Usaha memastikan manajemen keuangan dan inventaris sekolah lancar dengan pengawasan kas, anggaran yang cermat, dan evaluasi pengeluaran transparan. Menerapkan sistem administrasi modern dengan teknologi, pelatihan karyawan, dan penyesuaian prosedur. Penjadwalan pemeliharaan rutin, organisasi tim pemeliharaan, dan respon cepat terhadap masalah pemeliharaan dijalankan. Komunikasi efektif dengan staf dan pihak terkait dipertahankan melalui pertemuan rutin, pelatihan, dan evaluasi. Menegakkan aturan sekolah dengan prosedur jelas dan bekerja sama dengan guru dan staf keamanan untuk menjaga keamanan lingkungan. Program pelatihan diselenggarakan untuk meningkatkan keterampilan staf administrasi sesuai kebutuhan sekolah dengan evaluasi menyeluruh. Semua ini menyoroti peran penting KTU dalam mengelola administrasi sekolah demi kinerja dan kesejahteraan sekolah yang lebih baik. 2) Faktor Pendukung: Komunikasi terbuka dan kerjasama yang baik antara kepala tata usaha, staf administrasi, dan tim lainnya. Dukungan penuh dari kepala sekolah dan manajemen sekolah. Sistem dan prosedur yang jelas dalam pengelolaan administrasi. Peningkatan keterampilan staf melalui pelatihan. Penerapan teknologi untuk meningkatkan efisiensi administrasi. Komitmen tinggi dari staf dan tim administratif. Ketersediaan infrastruktur teknologi yang memadai. Responsif terhadap kebutuhan guru. Fasilitas dan sumber daya yang memadai untuk mendukung pembelajaran. Faktor Penghambat: Keterbatasan sumber daya seperti anggaran, personel, dan infrastruktur. Perubahan kebijakan dan regulasi. Tantangan dalam mengadopsi dan mengintegrasikan teknologi baru. Kurangnya kejelasan dalam kebijakan dan prosedur administrasi. Ketidaksepahaman antara pihak terkait. Tuntutan lingkungan eksternal yang berubah-ubah. Kata Kunci: Strategi, Kepala Sekolah, Pengelolaan, Administrasi Sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRINI SETYANINGSIH, -2010039101rinisetyaningsih28@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Jul 2024 08:25
Last Modified: 04 Jul 2024 08:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80627

Actions (login required)

View Item View Item