Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN KAMPAR DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN PADA OBJEK WISATA DERMAGA TEPIAN MAHLIGAI

Rahayu Riska Rahmadani, Rahayu (2024) STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN KAMPAR DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN PADA OBJEK WISATA DERMAGA TEPIAN MAHLIGAI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia memiliki potensi besar di berbagai sektor berkat geografisnya yang terdiri dari banyak pulau. Pemerintah fokus pada pengembangan pariwisata untuk meningkatkan ekonomi dan melestarikan budaya lokal. Kabupaten Kampar di Riau, khususnya Objek Wisata Tepian Mahligai, memiliki potensi wisata alam yang memukau. Namun, strategi komunikasi yang kurang efektif menyebabkan fluktuasi jumlah pengunjung. Data menunjukkan penurunan kunjungan dari Maret hingga Oktober 2023.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi dinas parawisata dan kebudayaan kabupaten Kampar dalam meningkatkan kunjungan wisatawan pada objek wisata dermaga tepian mahligai. Penelitian ini menggunakan teori Anwar Arifin . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. teknik pengumpulan data yakni observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan 4 langkah dalam menjalankan strategi komunikasi yakni Mengenal khalayak yang menjadi kunci dalam komunikasi karena mereka menentukan keberhasilan prosesnya. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kampar memulai dengan survei untuk mengidentifikasi potensi Dermaga Tepian Mahligai dan memahami preferensi pengunjung. Dengan data ini, mereka menetapkan strategi promosi melalui pesan kata kata dan gambar, menggunakan media online dan cetak, serta metode informatif dan persuasif untuk menarik wisatawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorATJIH SUKAESIH2018116901asyahra@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Meningkatkan, Kunjungan Wisatawan
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 04 Jul 2024 04:27
Last Modified: 04 Jul 2024 04:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80590

Actions (login required)

View Item View Item