Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN LANGCHAIN RETRIEVER DENGAN MODEL CHAT OPENAI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM CHATBOT HADIS BERBASIS TELEGRAM

NIKEN AISYAH MAHARANI HERWANZA, - (2024) PENERAPAN LANGCHAIN RETRIEVER DENGAN MODEL CHAT OPENAI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM CHATBOT HADIS BERBASIS TELEGRAM. Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, 6 (1). pp. 70-83. ISSN p-ISSN : 2715-2529 e-ISSN : 2684-9151

[img]
Preview
Text (Article)
JURNAL NIKEN AISYAH MAHARANI HERWANZA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
514-Article Text-3945-1-10-20240526.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Dalam kajian keislaman, hadis Nabi Muhammad SAW memiliki nilai penting sebagai panduan perilaku dan keimanan. Namun, akses terhadap pemahaman hadis sering menjadi tantangan, terutama bagi yang bukan ahli hadis. Digitalisasi hadis masih terbatas, sehingga mendapatkan jawaban atas pertanyaan seputar hadis memerlukan waktu lama dalam memilah banyaknya informasi yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan chatbot yang efisien dalam memberikan jawaban terkait hadis dengan menyertakan sumber asli hadis secara cepat. Penelitian ini mengusulkan solusi berbasis teknologi melalui pengembangan sistem chatbot hadis di Telegram, yang diintegrasikan dengan LangChain Retriever dan model GPT-4-1106-preview chat OpenAI. Dengan menggunakan LangChain Retriever membantu chatbot menemukan jawaban tepat dengan mencocokkan pertanyaan pengguna dengan database hadis yang relevan untuk meningkatkan keakuratan respons chatbot. Model GPT-4-1106-preview chat OpenAI memungkinkan chatbot menghasilkan respons yang natural dan sesuai konteks sehingga meningkatkan interaksi dengan pengguna. Metode Rapid Application Development (RAD) diterapkan dalam pengembangan sistem, melalui tahapan Requirement Planning, User Design, Construction, dan Cut-Over, mencakup analisis data hadis dari Kitab 9 Imam Hadis yang totalnya mencapai 62.169 hadis. Evaluasi kinerja chatbot ini menggunakan pengujian framework Scoring Evaluator dengan skor rata-rata evaluasi 0,97 dan pengujian evaluasi kualitas jawaban oleh 5 orang ahli hadis dengan persentase akurasi sebesar 90 %. Hasil evaluasi pada pengujian Scoring Evaluator menunjukkan rata-rata jawabannya benar-benar akurat dan sejalan dengan referensi hadis, pada pengujian evaluasi kualitas jawaban menurut interval penilaian pada skala likert menandakan responden sangat setuju terhadap jawaban sistem. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap orang awam yang ingin belajar hadis dengan memanfaatkan chatbot sebagai media pembelajaran yang interaktif dan inovatif. Pada penelitian lebih lanjut, fokus dapat diperluas untuk pemaknaan yang kompleks dari Musykil al-Hadits dan asababul wurud untuk menjangkau pertanyaan-pertanyaan yang lebih dalam terhadap pemaknaan hadis. Kata kunci: Chatbot; Hadis; Langchain; OpenAi; Retriever

Item Type: Article
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNazruddin Safaat Harahap, -2004068202nazruddin.safaat@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 05 Jul 2024 07:24
Last Modified: 05 Jul 2024 07:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80576

Actions (login required)

View Item View Item