Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MEMBEDAH BUDAYA PATRIARKI DALAM PENAFSIRAN AL-QUR’AN

VERA SISKA, - (2024) MEMBEDAH BUDAYA PATRIARKI DALAM PENAFSIRAN AL-QUR’AN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah membedah budaya patriarki dalam penafsiran Al-Qur’an. Budaya patriarki merupakan struktur sosial yang menempatkan laki-laki penguasa utama, pusat , dan dominan. Perbedaan yang sangat mencolok dalam budaya ini ialah adanya perbedaan antara tugas dan peran sebagai laki-laki dan perempuan dalam kehidupan rumah tangga maupun masyarakat. Patriarki ini dapat terjadi dalam beberapa bidang kehidupan seperti dalam rumah tangga, politik, pekerjaan, kehidupan pribadi dan lainnya. Dampak dari budaya patriarki ialah terjadi marginalisasi, subordinasi, stereotip, kekerasan, dan terjadinya beban ganda. Tujuan dilakukan penelitian ini ialah untuk mengetahui penafsiran ayat-ayat Al-Qur’an tentang budaya patriarki menurut mufassir serta untuk mengetahui bagaimana budaya patriarki menurut perspektif tafsir kontemporer. Penelitian ini menggunakan metode tematik (maudhu’i) dalam bentuk kajian pustaka (library research) dan pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini menggunakan 3 kitab tafsir kontemporer yaitu al-Maraghi, al-Azhar dan al-Misbah. Hasil dari penelitian diatas adalah al-Maraghi dalam memandang patriarki secara subtansial yaitu memberikan analisis mendalam mengenai struktur sosial dan peran gender dalam masyarakat, serta al-Maraghi memberi solusi untuk mengatasi budaya patriarki, HAMKA dalam memandang patriarki secara substansial ialah penekanan pada kesetaraan gender berupa hak yang setara dan saling bekerja sama, Quraish Shihab lebih substansial dalam menafsirkan istilah patriarki sebagai peran gender yang dapat disosialisasikan dengan perkembangan sosial budaya,. Kata Kunci : Budaya Patriarki, perspektif, Kontemporer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJani Arni2017018201janiarni@uin-suska.ac.id
Thesis advisorKhairiah2016017302Khairiah@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 04 Jul 2024 08:00
Last Modified: 04 Jul 2024 08:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80572

Actions (login required)

View Item View Item