Rica Verona (2012) PENINGKATAN MINAT PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS V MELALUI METODE SOSIODRAMA PADA MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IKHWAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012311.pdf Download (679kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kendatipun guru telah mengupayakan peningkatan minat belajar siswa dengan jalan menerapkan metode diskusi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan Metode Sosiodrama dapat meningkatkan minat belajar Akidah Akhlak khususnya pada materi pokok “Akhlak Terpuji” siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan Pekanbaru?. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah Metode Sosiodrama. Adapun tempat penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan Pekanbaru. Adapun waktu penelitian ini dilakukan pada tanggal 08 September sampai tanggal 06 Oktober 2011. Mata pelajaran yang diteliti adalah Aqidah Akhlak. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran peneltian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1. Perencanaan tindakan, 2. Pelaksanaan tindakan, 3. Observasi, dan 4. Refleksi. Berhasilnya penerapan Metode Sosiodrama pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, diketahui dari adanya peningkatan minat belajar dari persentase minat belajar siswa pelaksanaan sebelum tindakan nilai alternatif indikator adalah 1072 dengan persentase 47,6%, digolongkan pada tingkat minat belajar rendah berada pada rentang 0-55%. Siklus I pertemuan 1 (pertama) nilai alternatif indikator adalah 1302 dengan persentase 57,8%, digolongkan pada tingkat minat belajar sedang berada pada rentang 56-75%. siklus I pertemuan 2 (ke dua) nilai alternatif indikator adalah 1424 dengan persentase 63,2%, digolongkan pada tingkat minat belajar sedang berada pada rentang 56-75%. Siklus II pertemuan 1 (pertama) nilai alternatif indikator adalah 1581 dengan persentase 70,2% digolongkan pada tingkat minat belajar sedang berada pada rentang 56-75%. Siklus II pertemuan 2 (ke dua) nilai alternatif indikator adalah 1744 dengan persentase 77,5% digolongkan pada tingkat minat belajar tinggi berada pada rentang 76-100%. Jadi hipotesis diterima bahwa penerapan Metode Sosiodrama dapat meningkatkan minat belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan Pekanbaru pada materi pokok “Akhlak Terpuji” semester 1 tahun pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 29 Sep 2016 10:17 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 03:04 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8055 |
Actions (login required)
View Item |