Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA PENGURUS MESJID NURUL IMAN MENCARI SUMBER PENDAPATAN BIAYA PEMBANGUNAN DI DESA MUARA BOTUNG KABUPATEN MANDAILING NATAL SUMATERA UTARA

MUHAMMAD YUSUF, - (2024) UPAYA PENGURUS MESJID NURUL IMAN MENCARI SUMBER PENDAPATAN BIAYA PEMBANGUNAN DI DESA MUARA BOTUNG KABUPATEN MANDAILING NATAL SUMATERA UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Muhammad Yusuf Jurusan : Manajemen Dakwah Judul : Upaya Pengurus Mesjid Nurul Iman Mencari Sumber Pendapatan Biaya Pembangunan Di Desa Muara Botung Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara Pentingnya penelitian ini terletak pada kontribusinya terhadap pembangunan masjid sebagai tempat ibadah yang memberikan manfaat sosial dan keagamaan bagi masyarakat Desa Muara Botung. Dengan memahami dinamika pengumpulan dan pengelolaan, diharapkan dapat ditemukan solusi strategis yang dapat meningkatkan pendapatan dan efisiensi penggunaan dana untuk keberlanjutan masjid. Dalam penulisan ini bertujuan untuk untuk mengetahui Strategi Pengurus Mesjid Nurul Iman Untuk Pendapatan Biaya Pembangunan di Desa Muara Botung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa strategi pengurus mesjid Nurul Iman untuk pendapatan biaya pembangunan di Desa Muara Botung diantaranya Menetapkan Tujuan Penetapan tujuan strategi pengurus mesjid Nurul Iman untuk untuk pendapatan biaya pembangunan di Desa Muara Botung dilakukan dengan mewakaf tanah untuk keperluan pembangunan masjid, mewakafkan uangya untuk keperluan pembangunan masjid mewakafkan sebahagian emasnya untuk pembangunan masjid nurul iman. Menetapkan Sasaran Menetapkan sasaran perlunya dilakukan oleh pengurus masjid nurul iman seperti kebutuhan bahan pembangunan dan estimasi biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan masjid nurul iman kemudian pengurus masjid nurul iman juga menetapkan beberpa sasaran utama yang diharapakn dapat tercapainya pendanaan yang diperlukan seperti aspek pengalangan dana yang melibatkan masyarakat sekitar. Menetapkan Jumlah Zakat Jumlah zakat yang akan dikumpulkan untuk biaya pembangunan Masjid Nurul Iman pengelolaannya sesuai dengan ketentuan syariat dan kebutuhan pembangunan mengadakan sosialisasi dan edukasi kepada jamaah tentang pentingnya zakat dan bagaimana zakat akan digunakan untuk pembangunan masjid. Kata kunci : Upaya, Pengurus Mesjid, Mencari Sumber Pendapatan Biaya, Desa Muara Botung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 03 Jul 2024 08:02
Last Modified: 03 Jul 2024 08:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80549

Actions (login required)

View Item View Item