Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pola Komunikasi Interpersonal Pembimbing Haji Dan Umroh Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Calon Jama’ah Haji Dan Umroh Di PT. Niat Suci Ke Baitullah Pekanbaru

YERSI PERTIWI, - (2024) Pola Komunikasi Interpersonal Pembimbing Haji Dan Umroh Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Calon Jama’ah Haji Dan Umroh Di PT. Niat Suci Ke Baitullah Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
SKRIPSI BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi interpersonal pembimbing haji dan umroh dalam memberikan pelayanan kepada calon jama’ah haji dan umroh di PT. Niat Suci Ke Baitullah Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif, dengan cara mendeskripsikan dan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan kepustakaan. Adapun penelitian ini menggunakan informan sebagai sumber data yang diperoleh dari tujuh orang informan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pola komunikasi interpersonal pembimbing haji dan umroh dalam memberikan pelayanan kepada calon jama’ah haji dan umroh di PT. Niat Suci Ke Baitullah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang dilakukan p embimbing dengan calon jama’ah haji dan umroh di PT. Niat Suci Ke Baitullah menggunakan pola komunikasi primer yaitu pola komunikasi yang dilakukan secara langsung dengan calon jama’ah haji dan umroh. Bisa melibatkan tatap muka atau melalui media seperti whatsapp untuk memberikan informasi dan pelayanan dengan cara cepat dan responsif. Adapun komunikasi primer ini menggunakan lambang verbal dan non verbal, dimana pembimbing menjadi garda terdepan di PT. Niat Suci Kebaitullah dalam memberikan pelayanan kepada calon jama’ah haji dan umroh seperti pembimbing memberikan pembekalan mengenai tata cara ibadah haji dan umroh, mendampingi jama’ah dalam menjalankan ibadah haji dan umroh, memberikan bimbingan spiritual, fisik dan mental, serta memberikan bimbingan manasik yang merupakan panduan yang diberikan kepada calon jama’ah haji dan umroh untuk membantu memahami, mempersiapkan diri dan melaksanakan rangk aian ritual diri secara mental dan spiritual dalam konteks pelaksanaan ibadah haji atau umroh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTiti Antin,, -2001037001titi.antin@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:22
Last Modified: 03 Jul 2024 07:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80500

Actions (login required)

View Item View Item