Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN TERHADAP PENJUALAN PRODUK DIBAWAH HARGA STANDAR (PREDATOR PRICING) BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 1999 TENTANG PRAKTEK MONOPOLI DAN PERSAINGAN USAHA TIDAK SEHAT (STUDI KASUS TOKO PS STORE PEKANBARU)

ARI ARMANDA PUTRA, - (2024) TINJAUAN TERHADAP PENJUALAN PRODUK DIBAWAH HARGA STANDAR (PREDATOR PRICING) BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 1999 TENTANG PRAKTEK MONOPOLI DAN PERSAINGAN USAHA TIDAK SEHAT (STUDI KASUS TOKO PS STORE PEKANBARU). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ARI ARMANDA PUTRA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)

Abstract

Penelitian Ini Berjudul “Tinjauan Terhadap Penjualan Produk Dibawah Harga Standar (Predator Pricing) Berdasarkan Undang- Undang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Praktek Monopoli Dan persaingan Usaha Tidak Sehat (Studi Kasus Toko Ps Store Pekanbaru)”. Jual produk dibawah harga standar (predator pricing) merupakan jual beli yang pelaku usaha meletakan harga dibawah pasaran dalam kurun waktu tertentu dipasaran yang sama. Sehingga minumbulkan persaingan usaha tidak sehat. Praktek ini diatur dalam pasal Undang-undang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat. Berawal dari laporan masyarakat, bea cukai melakukan penyelidikan pada 2017 terkait toko Ps Store yang menjual Handphone dibawah harga standar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tinjauan terhadap penjualan produk dibawah harga standar dan bagaimana akibat hukum yang ditimbulkan dengan adanya indikasi praktek menjual produk dibawah harga standar. Penelitian ini merupakan penelitian hukum sosiologis, yaitu peneliti langsung mengumpulkan data ke lokasi penelitian tersebut, untuk lokasi penelitian ini terletak di toko Ps Store Pekanbaru dan Kantor Komisi Pengawas persaingan usaha Kanwil I Medan. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwasanya persaingan usaha tidak sehat terhadap strategi menjual produk dibawah harga standar sejauh ini masih tergolong wajar untuk dilakukan selagi tidak menyesatkan konsumen dan mengganggu pedagang lain. Promo dan diskon yang di terapkan Ps Store merupakan salah satu cara untuk menarik pelanggan. Sedangkan akibat hukum yang timbul dari strategi ini dikenakan sanksi administratif pasal 47 ayat 1 dan 2 Undang-undang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Kata Kunci: Penjualan, Produk, Predator Pricing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorLOVELY DWINA DAHEN2022068202lvina.dahen@gmail.com
Thesis advisorIRFAN RIDHA2030088601irfanridha@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 03 Jul 2024 03:38
Last Modified: 03 Jul 2024 03:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80466

Actions (login required)

View Item View Item