Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI METODE THERAPEUTIC COMMUNITY DALAM MENGATASI PERILAKU NEGATIF KORBAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI YAYASAN GENERASI MUDA BERNILAI PEKANBARU

NURUL AQILA, - (2024) IMPLEMENTASI METODE THERAPEUTIC COMMUNITY DALAM MENGATASI PERILAKU NEGATIF KORBAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI YAYASAN GENERASI MUDA BERNILAI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB I-BAB VI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dewasa ini kasus penyalahgunaan narkoba semakin menjamur di masyarakat Indonesia. Penyalahgunaan narkoba dapat menimbulkan dampak negatif baik yang bersifat pribadi, keluarga, masyarakat, maupun bangsa dan negara. Oleh karena itu korban penyalahgunaan narkoba diatur dalam undang-undang untuk wajib direhabilitasi. Skripsi ini bertujuan untuk membahas implementasi metode Therapeutic community dalam mengatasi perilaku negatif korban penyaahgunaan narkoba di Yayasan Generasi Muda Bernilai Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelusuran, mendapatkan hasil penelitian bahwa implementasi metode Therapeutic community dalam mengatasi perilaku negatif korban penyalahgunaan narkoba di Yayasan Generasi Muda Bernilai Pekanbaru ialah dengan menggunakan 4 struktur dan 5 pilar Therapeutic community. 4 struktur yang diterapkan berupa penggunaan jadwal harian serta perencanaan satu harian klien, melatih cara bicara dan tatanan bahasa, mengatasi psikologis melalui konseling individu dan psikolog, pelaksanaan seminar dan kelas agama, dan membangun keterampilan kerja klien dengan bekerjasama dengan instansi. Pada 5 pilar diimplementasikan dengan kehidupan yang kekeluargaan, pemberian teguran pada klien yang melanggar aturan, pemberian motivasi sebagai sesi terapi, kewajiban dalam menjalani ibadah sesuai agama masing-masing, serta memposisikan diri menjadi teladan bagi residen lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAZNI, -2010107003UNSPECIFIED
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 02 Jul 2024 04:44
Last Modified: 02 Jul 2024 04:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80425

Actions (login required)

View Item View Item