Nabiilah, -
(2024)
IMPLEMENTASI ASSOCIATION RULE UNTUK REKOMENDASI STRATEGI UP-SELLING DAN CROSS-SELLING PRODUK MENGGUNAKAN FP-GROWTH.
Indonesian Journal of Computer Science.
ISSN 2549-7286
Abstract
Pusat Bisnis ABC merupakan cabang dari PT. XYZ yang menjual berbagai macam produk. Tingginya transaksi namun tidak diiringi dengan promosi yang efektif menyebabkan beberapa produk kurang dikenal sehingga produk kurang laku. Penerapan asosiasi data mining dengan FP-Growth untuk mendapatkan aturan asosiasi produk, bertujuan agar rules dapat dikembangkan menjadi strategi penjualan dengan pendekatan Cutomer Relationship Management (CRM). Pendekatan CRM dengan menggunakan teknik cross-selling dan up-selling dapat meningkatkan penjualan. Pada cross-selling, dilakukan penawaran barang lain yang memiliki kaitan dengan barang yang akan dibeli, sedangkan up-selling dilakukan dengan mengarahkan pembeli untuk melakukan pembelian barang dengan value yang lebih tinggi dari rencana awal sehingga meningkatkan penjualan barang yang kurang laku. Maka dari hasil 20 dengan variasi nilai percobaan menggunakan data transaksi bulan Juli 2023-Desember 2023 yang telah dilakukan dari pengolahan data dengan FP-Growth, rules yang mencukupi nilai min support 5% dan min confidence 70% kemudian menjadi dasar strategi cross-selling serta rules yang mencukupi nilai min support 5% dan min confidence 10% untuk up-selling.
Actions (login required)
|
View Item |