Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EKSISTENSI PEREMPUAN SINGLE PARENT DALAM MENAFKAHI KELUARGA DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Desa Bukit Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar)

NURHAYANI PUTRI, - (2024) EKSISTENSI PEREMPUAN SINGLE PARENT DALAM MENAFKAHI KELUARGA DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Desa Bukit Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURHAYANI PUTRI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)

Abstract

ABSTRAK Nurhayani Putri, (2024) : Eksistensi Perempuan Single Parent Dalam Menafkahi Keluarga Ditinjau Menurut Hukum Islam (Studi Kasus di Desa Bukit Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar) Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh nafkah keluarga merupakan kewajiban bagi kaum laki-laki untuk memenuhinya. Pihak-pihak yang berhak mendapatkan nafkah tersebut adalah istri, anak, orang tua dan kerabat dekat. Dalam hukum islam, walaupun ikatan perkawinan telah terputus akibat perceraian akan tetapi nafkah anak oleh ayah tetap berjalan. Adapun nafkah anak yang ditinggal mati oleh ayahnya maka ditanggung oleh kerabat dekat ayah. Akan tetapi, fakta di lapangan ditemukan bahwa terdapat perempuan single parent yang telah berpisah dari suaminya, baik cerai hidup ataupun cerai mati harus bekerja keras dalam menafkahi keluarganya, terutama untuk anak-anaknya karena tidak adanya pemenuhan nafkah dari ayah ataupun dari ahli waris ayah, yaitu kerabat dekat ayah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana eksistensi perempuan single parent dalam menafkahi keluarga di Desa Bukit Ranah dan bagaimana tinjauan hukum islam terhadap eksistensi perempuan single parent dalam menafkahi keluarga. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui eksistensi perempuan single parent dalam menafkahi keluarga di Desa Bukit Ranah dan untuk mengetahui tinjauan hukum islam terhadap eksistensi perempuan single parent dalam menafkahi keluarga. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan ( field research) yang dilaksanakan di Desa Bukit Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Teknik pengumpulan data menggunakan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah perempuan single parent yang bekerja sebagai pencari nafkah keluarga. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa keberadaan perempuan single parent di Desa Bukit Ranah dalam menafkahi keluarga memerlukan perjuangan yang kuat, yang mana mereka harus berperan sebagai pencari nafkah keluarga dan sebagai ibu yang harus mengatur rumah tangga, mengasuh, merawat dan mendidik anak-anaknya. Tinjauan hukum islam terhadap perempuan single parent dalam menafkahi keluarga merupakan suatu kewajiban atas tanggungan yang mereka miliki karena tidak adanya pemenuhan nafkah. Sesuai pendapat ulama Mazhab Hanafi, Syafi‟i, Imam Ahmad dan Ibnu Al-Mawaz dari Mazhab Maliki bahwa dalam keadaan mendesak seorang ibu berkewajiban untuk menafkahi keluarganya. Hukum islam membolehkan seorang ibu single parent untuk bekerja di luar rumah untuk mencari nafkah keluarga selagi tidak bertentangan dengan syariat dan tidak meninggalkan kewajibannya sebagai seorang ibu. Kata Kunci : perempuan, single parent, nafkah keluarga, hukum islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorASLATI,, -2017087002aslati@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 02 Jul 2024 03:21
Last Modified: 02 Jul 2024 03:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80215

Actions (login required)

View Item View Item