Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI METODE CARD SORT PADA PEMBELAJARAN FIQIH KELAS VIII MATERI SUJUD SAHWI,SUJUD TILAWAH DAN SUJUD SYUKUR DI MTs RAUDHATUT THULLAB

MESYANA, MESYANA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI METODE CARD SORT PADA PEMBELAJARAN FIQIH KELAS VIII MATERI SUJUD SAHWI,SUJUD TILAWAH DAN SUJUD SYUKUR DI MTs RAUDHATUT THULLAB. MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI METODE CARD SORT PADA PEMBELAJARAN FIQIH KELAS VIII MATERI SUJUD SAHWI,SUJUD TILAWAH DAN SUJUD SYUKUR DI MTs RAUDHATUT THULLAB. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
PTK MESYANA - Mesyana Yana.pdf

Download (975kB) | Preview

Abstract

MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI METODE CARD SORT PADA PEMBELAJARAN FIQIH KELAS VIII MATERI SUJUD SAHWI,SUJUD TILAWAH DAN SUJUD SYUKUR DI MTs RAUDHATUT THULLAB Abstrak: Berdasarkan hasil pengamatan, proses pembelajaran yang dilaksanakan di MTs Raudhatut Thullab desa Koto Raja Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis sudah menerapkan kurikulum 2013, dimana siswa harus berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Akan tetapi, kenyataan di lapangan, masih banyak siswa yang belum berani untuk mengemukakan pendapat mereka dan kurang ikut berpartisipasi dalam kegiatan belajar di kelas. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah (1) lembar observasi dan (2) catatan lapangan digunakan untuk memperoleh data atau informasi yang berkaitan dengan situasi kelas yang tidak tercantum dalam lembar observasi. Dalam penelitian ini catatan lapangan digunakan untuk mengamati hal-hal yang terjadi di dalam kelas selama penerapan model pembelajaran card sort. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata keaktifan siswa sudah menunjukkan kategori cukup aktif di MTs Raudhatut Thullab desa Koto Raja Kecamatan Siak Kecil dengan persentase 75% melampaui indikator pencapaian yang telah ditetapkan sebesar 70%.Selanjutnya pada siklus II rata-rata keaktifan siswa sudah meningkat menjadi 88%,terjadi peningkatan sebanyak13%.Dengan demikian, model pembelajaran Card Sort dapat direkomendasikan kepada guru di MTs Raudhatut Thullab dalam melaksanakan pembelajaran. Kata Kunci : Model Pembelajaran Card Sort,Keaktifan

Item Type: Article
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Lib UIN Suska
Date Deposited: 27 Sep 2024 06:16
Last Modified: 27 Sep 2024 06:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80171

Actions (login required)

View Item View Item