SURYANI, SURYANI MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT AL HUJURAT AYAT 13 PADA MATA PELAJARAN PAI DENGAN METODE PEMBELAJARAN READING ALOUD PADA SISWA KELAS IV SHIDDIQ DI SD SIT AL-FATIH DURI KECAMATAN MANDAU KABUPATEN BENGKALIS TAHUN PELAJARAN 2023/2024. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT AL HUJURAT AYAT 13 PADA MATA PELAJARAN PAI DENGAN METODE PEMBELAJARAN READING ALOUD PADA SISWA KELAS IV SHIDDIQ DI SD SIT AL-FATIH DURI KECAMATAN MANDAU KABUPATEN BENGKALIS TAHUN PELAJARAN 2023/2024. (Unpublished)
|
Text
PTK OKE UPLOAD - Yani Suryani.pdf Download (954kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT AL HUJURAT AYAT 13 PADA MATA PELAJARAN PAI DENGAN METODE PEMBELAJARAN READING ALOUD PADA SISWA KELASIV SHIDDIQ DI SD SIT AL-FATIH DURI KECAMATAN MANDAU KABUPATEN BENGKALIS TAHUN PELAJARAN 2023/2024 Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan anak menghafal surah Al-Hujurat ayat 13 di SDS IT Al-Fatih. Rendahnya kemampuan anak menghafal surah Hujurat ayat 13 disebabkan karena kurangnya kreatifitas guru dalam menerapkan metode pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan anak menghafal surah Hujurat ayat 13 melalui metode pembelajaran Reading Aloud di SDS IT Al-Fatih. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam beberapa siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Penelitian ini dilakukan di SDS IT A-Fatih Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis dengan obyek anak-anak SDS IT Al-Fatih yang memiliki jumlah anak 23 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh peneliti. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan anak dalam menghafal surah Hujurat ayat 13. Peningkatan kemampuan anak menghafal surah Hujurat ayat 13 mengalami peningkatan secara bertahap pada kondisi awal sebelum pemberian tindakan hasil rata-ratayang diperoleh pada pra siklus yaitu 32,4 %, sedangkan pada siklus 1 diperoleh hasil akhir rata-rata kemampuan anak menghafal surah Hujurat ayat 13 sebesar 42,3 % dan pada siklus 2 diperoleh hasil rata-rata 91,75 %. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan anak menghafal surah Hujurat ayat 13 dengan metode pembelajaran Reading Aloud terbukti dapat meningkatkan kemampuan anak menghafal surah Hujurat ayat 13.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Lib UIN Suska |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 06:16 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 06:16 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80156 |
Actions (login required)
View Item |