Marwan, Marwan (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR BABUSSALAM PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran reciprocal teaching dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada muatan pembelajaran IPS di kelas V Sekolah Dasar Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya satu orang guru dan 17 siswa dan objeknya adalah model reciprocal teaching dan pemahaman konsep. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui model pembelajaran reciprocal teaching. Grafik Peningkatannya terlihat dari hasil tes pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan, nilai rata-rata pemahaman konsep siswa hanya 60,76 dengan kategori kurang. Pada siklus I nilai rata-ratanya meningkat menjadi 75,39 dengan kategori cukup. Pada siklus II pemahaman konsep siswa kembali meningkat dengan nilai rata-rata 84 dengan kategori baik. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran reciprocal teaching dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada muatan pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Babussalam Pekanbaru
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Reciprocal teaching, Pemahaman Konsep | ||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 000 Karya Umum |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 28 Jun 2024 04:21 | ||||||||
Last Modified: | 28 Jun 2024 04:22 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80105 |
Actions (login required)
View Item |