Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR BABUSSALAM PEKANBARU

Marwan, Marwan (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR BABUSSALAM PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran reciprocal teaching dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada muatan pembelajaran IPS di kelas V Sekolah Dasar Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya satu orang guru dan 17 siswa dan objeknya adalah model reciprocal teaching dan pemahaman konsep. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui model pembelajaran reciprocal teaching. Grafik Peningkatannya terlihat dari hasil tes pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan, nilai rata-rata pemahaman konsep siswa hanya 60,76 dengan kategori kurang. Pada siklus I nilai rata-ratanya meningkat menjadi 75,39 dengan kategori cukup. Pada siklus II pemahaman konsep siswa kembali meningkat dengan nilai rata-rata 84 dengan kategori baik. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran reciprocal teaching dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada muatan pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Babussalam Pekanbaru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSubhan2017107301subhan.alhazmi73@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Reciprocal teaching, Pemahaman Konsep
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Jun 2024 04:21
Last Modified: 28 Jun 2024 04:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80105

Actions (login required)

View Item View Item