NABILLA RAMADHANI, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS IV SDIT AL-IZHAR SCHOOL PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.
|
Text
SKRIPSI NABILLA RAMADHANI.pdf - Published Version Download (11MB) | Preview |
|
Text
BAB IV NABILA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Nabilla Ramadhani, (2024): Penerapan Model Pembelajaran Peer Lessons untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SDIT Al-Izhar School Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran peer lessons dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis kelas IV SDIT Al-Izhar School Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya satu orang guru dan 25 orang siswa kelas IV SDIT Al-Izhar School, objeknya adalah model peer lessons dan kemampuan pemahaman konsep. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebelum tindakan masih rendah, 68% siswa berada pada kategori pemahaman sangat kurang, 20% siswa berada pada kategori pemahaman baik, 8% siswa berada pada kategori pemahaman cukup baik, dan 4% siswa berada pada kategori pemahaman kurang sekali. Setelah dilakukan tindakan perbaikan melalui model pembelajaran peer lessons pada siklus I kemampuan pemahaman konsep siswa meningkat, dimana 40% siswa berada pada kategori pemahaman kurang, 20% siswa berada pada kategori pemahaman cukup baik, 4% siswa berada pada kategori pemahaman baik, 36% siswa berada pada kategori pemahaman sangat baik. Adapun pada siklus II kemampuan pemahaman konsep siswa kembali meningkat, dimana 12% siswa berada pada kategori pemahaman kurang baik, 4% siswa berada pada kategori pemahaman cukup baik, 32% siswa berada pada kategori pemahaman baik, dan 52% siswa berada pada kategori pemahaman baik sekali. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran peer lessons dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV SDIT AlIzhar School Pekanbaru. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran Peer Lesson
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 28 Jun 2024 03:02 | ||||||||
Last Modified: | 28 Jun 2024 03:06 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80097 |
Actions (login required)
View Item |