YOGI AAN PRADIKA, - (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF DINAS PARIWISATA KABUPATEN PELALAWAN DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI ISTANA SAYAP. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
Skripsi Lengkap Yogi Aan Pradika (Kecuali Bab V).pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB V)
Skripsi Yogi Aan Pradika Bab V Hasil dan Pembahasan.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pariwisata berfungsi sebagai mekanisme untuk meningkatkan kesadaran akan warisan nasional dan persatuan dalam menghadapi keragaman budaya. Peran pariwisata sangat penting dalam mempromosikan peluang ekomomi, menghasilkan manfaat moneter, dan menhadapi tantangan transformative pada skala regional, nasional, dan internasional. Strategi komunikasi persuasif yang dilakukan oleh dinas pariwisata kabupaten pelalawan ini sangat penting dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke istana sayap. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab apa yang menjadi rumusan masalah yaitu bagaimana strategi komunikasi persuasif dinas pariwisata kabupaten pelalawan dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di istana sayap. Pendekatan pada penelitian ini kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara observaasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi persuasif dari Melvin L. DeFleur dan Sandra J. BallRokeanch. Teori ini menjelaskan tiga pendekatan dalam komunikasi persuasif, yakni: strategi pesikodinamika, strategi sosiokultural, dan strategi kontruksi makna. Strategi psikodinamika menekan pada pendekatan emosional dan faktor kognitif. Strategi sosiokultural, strategi sosiokultural mengatakan bahwa faktor luar individu dapat mempengaruhi perilaku. Strategi Meaning Construction menekankan bahwa pengetahuan dapat mempengaruhi perilaku. Hasil penelitian ini adalah strategi psikodinamika pengurus masjid mengadakan kegiatan mandi balimau, tahlil beanyut, dan ziarah makam sultan. Strategi sosiokultural dengan melalui kelompok sadar wisata yang bekerjasama langsung dengan dinas pariwisata kabupaten pelalawan. Strategi kontruksi makna dengan memberikan pengetahuan yang sederhana, yakni dengan menggunakan perumpamaan secara sederhana kepada masyarakat atau wisatawan sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di istana sayap.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi | ||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi | ||||||||
Depositing User: | fdk - | ||||||||
Date Deposited: | 27 Jun 2024 02:56 | ||||||||
Last Modified: | 27 Jun 2024 02:56 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79964 |
Actions (login required)
View Item |