Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP SELF CONFIDENCE PADA ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM (ABH) DI SENTRA ABISEKA PEKANBARU

LAURA ANNISA, - (2024) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP SELF CONFIDENCE PADA ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM (ABH) DI SENTRA ABISEKA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
SKRIPSI BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)

Abstract

Masalah anak yang berhadapan dengan hukum (ABH) menjadi salah satu isu sosial yang mendesak perhatian. Anak-anak yang terlibat dalam sistem peradilan sering mengalami tantangan emosional, psikologis, dan sosial yang kompleks. Anak-anak yang berhadapan dengan hukum sering mengalami tekanan emosional dan psikologis yang signifikan. Mereka menghadapi stigma dari masyarakat, yang dapat memperburuk kondisi mental dan menghambat perkembangan sosial mereka.Tekanan ini dapat mengurangi kepercayaan diri mereka, yang berdampak negatif pada kemampuan mereka untuk menghadapi tantangan dan membangun hubungan sosial yang sehat. Di Sentra Abiseka Pekanbaru, anak-anak ini membutuhkan dukungan khusus untuk mengembangkan kembali kepercayaan diri (self-confidence) mereka. Anak sebagai generasi muda merupakan penerus dalam proses pertumbuhan untuk menuju dewasa terkadang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan orang tua karena dalam perkembangan zaman semakin maju pola pikir dan karakter anak semakin menurun yang membuat anak bisa melakukan tindak kekriminal pada zaman sekarang hal itu disebabkan gaya hidup anak sekarang yang buruk karena selalu mengedepankan harga diri dan mengikuti gaya pergaulan yang salah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Self Confidence Pada Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum (ABH) Di Sentra Abiseka Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dengan jumlah populasi 29 anak dan diambil sampel menggunakan teknik total sampling sehingga diperolah sebanyak 29 anak. Teknik pengambilan data dengan melakukan penyebaran angket secara online dan dokumentasi. Pada penelitian ini yang menjadi variabel (X) adalah Bimbingan Kelompok sedangkan variabel (Y) Kepercayaan diri (Self Condifidence). Setelah melakukan olah data ditemukan hasil korelasi sebesar 0.622 yang mengandung arti bahwa penelitian ini memiliki hubungan kuat antara variabel (X) dan variabel (Y). kemudian ditemukan nilai R square sebesar 0.387, yang memeberikan arti bahwa pengaruh Bimbingan Kelompok (X) dengan Kepercayaan Diri (Self Condifidence) (Y) sebesar 38,7%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMiftahuddin, -2011057501miftahuddin@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 26 Jun 2024 04:37
Last Modified: 26 Jun 2024 04:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79961

Actions (login required)

View Item View Item