Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMUNIKASI PERSUASIF HUMAS PUSKESMAS UMBAN SARI KECAMATAN RUMBAI KOTA PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP BAHAYA STUNTING

Fiskal Alfajri, Fiskal (2024) KOMUNIKASI PERSUASIF HUMAS PUSKESMAS UMBAN SARI KECAMATAN RUMBAI KOTA PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP BAHAYA STUNTING. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (897kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya kasus stunting yang sedang menjadi pusat perhatian di seluruh Indonesia termasuk di kota Pekanbaru. dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat terhadap bahaya yang dapat ditimbulkan dari kasus stunting. Puskesmas sebagai tenaga kesehatan memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kesadarann masyarakat. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana komunikasi persuasif yang dilakukan oleh humas puskesmas umban sari kecamatan rumbai kota pekanbaru dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya stunting. tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan komunikasi persuasif yang dilakukan oleh humas puskesmas umban sari kecamatan rumbai kota pekanbaru dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya stunting. teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu konsep aristoteles mengenai ethos, patos, dan logos. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. pada penelitian ini menggunakan Teknik analisi data yaitu Kualifikasi data, Reduksi data, Deskripsi data, dan Menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Humas Puskesmas umban sari menerapkan komunikasi persuasif berdasarkan kredibilitasnya sebagai komunikator, terlihat dari cara penyampaian yang jelas, mengoptimalkan isi pesan menggunakan kata ajakan atau kalimat himbauan, serta menyebarkan pesan melalui media media yang dapat menunjang keberhasilan komunikasi persuasif, seperti media leaflet, spanduk, poster, dan media sosial instagram. melalui upaya tersebut diyakini dapat membuat komunikan tergerak hatinya untuk percaya akan semua yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRafdeadi,, -2025128202-
Uncontrolled Keywords: Humas Puskesmas Umban Sari, Stunting, Komunikasi Persuasif
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 26 Jun 2024 04:33
Last Modified: 26 Jun 2024 04:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79948

Actions (login required)

View Item View Item