Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN PEMERINTAH DESA DALAM PENGELOLAAN PASAR MENURUT PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 42 TAHUN 2007 PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Desa Pasar Latong Kabupaten Padang Lawas)

MARA GUNTUR SIREGAR, - (2024) PERAN PEMERINTAH DESA DALAM PENGELOLAAN PASAR MENURUT PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 42 TAHUN 2007 PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Desa Pasar Latong Kabupaten Padang Lawas). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MARA GUNTUR SIREGAR.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Mara Guntur Siregar (2024): “Peran Pemerintah Desa Dalam Pengelolaan Pasar Menurut Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2007 Perspektif Fiqh Siyasah (Studi Di Desa Pasar Latong Kabupaten Padang Lawas)" Penelitian ini berangkat dari hadirnya Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2007 Tentang Pasar Desa yang menjelaskan tentang pembangunan dan pengelolaan pasar desa oleh pemerintah desa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah terkait bagaimana peran dari pemerintah desa dalam mengelola pasar berdasarkan peraturan menteri dalam negeri nomor 42 tahun 2007 tentang pasar desa dan bagaimana tinjuan fiqh siyasah dalam peran pemerintah desa dalam mengelola pasar di desa pasar latong. Metode penelitian ini mencakup dari jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian dalam penelitian ini terdiri dari 7 informan yang terdiri satu kepala desa, satu kepala pasar, satu petugas harian pasar, dan 4 pedagang pasar. Semuanya menjadi informan penelitian dengan menggunakan teknik total sampling, dan teknik analisis data yaitu Deskriftif Kualitatif. Hasil penelitian bahwa pemerintah desa pasar latong sudah berperan dalam pengelolaan pasar kamis sebagaimana yang diamanatkan dalam peraturan menteri dalam negeri nomor 42 tahun 2007 tentang pasar desa, namun belum maksimal. Peran yang sudah dijalankan yaitu melakukan penertiban para pedagang di pasar, pembangunan sarana pra-sarana di pasar dan melakukan pemungutan PAD bagi para pedagang di pasar. Analisis fiqh siyasah terhadap peran pemerintah desa pasar latong dalam mengelola pasar kamis, sejalan dengan pemahaman terhadap siyasah dusturiyyah dimana pemerintah desa bertanggung jawab kepada kesejahteraan masyarakat dalam segala aspek kehidupan. Kata kunci: Peran, Pemerintah Desa, pasar, fiqh siyasah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyafrinaldi, -2023098101Idlanirfays@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 26 Jun 2024 03:23
Last Modified: 26 Jun 2024 03:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79930

Actions (login required)

View Item View Item