Niki Fitri (2012) IMPLEMENTASI MARKETING PUBLIC RELATIONS (MPR) DALAM MENGEMBANGKAN KEUNGGULAN BERSAING DI PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. KANTOR CABANG PEMBANTU AHMAD YANI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_201235KOM.pdf Download (379kB) | Preview |
Abstract
Marketing public relations merupakan bagian dari public relations yang sangat perlu untuk dijalankan oleh suatu organisasi atau instansi. Pentingnya marketing public relations selain sebagai alat untuk mendukung penjualan, juga kegiatan untuk mengkomunikasikan segala sesuatu yang berhubungan dengan industri dan produk-produk yang dihasilkan organisasinya serta membina persepsi khalayak sebagai konsumen industrinya. PT.Bank Rakyat Indonesia yang mempunyai visi menjadi bank komersial terkemuka yang selalu mengutamakan kepuasan nasabah juga melakukan aktivitas marketing public relations dalam menjalankan aktivitas pemasaran. Aktivitas marketing public relations yang merupakan tanggungjawab public relations inilah yang dikaji oleh penulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi marketing public relations dalam mengembangkan keunggulan bersaing di PT.Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk. kantor cabang A.Yani Pekanbaru. Adapun metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Kegiatan yang dilakukan dalam metode penelitian tersebut yaitu pengumpulan data berdasarkan kenyataan di lapangan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh tersebut kemudian dilakukan analisa dan menginterpretasikan arti data yang dimaksud. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, Implementasi Marketing Public Relations BRI Kantor Cabang Pembantu A.Yani Pekanbaru seperti PR melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program-program yang dilakukan dengan merencanakan, melaksanakan dan melakukan evaluasi program pemasaran BRI KCP A.Yani, PR berupaya mempengaruhi atau menciptakan opini publik yang menguntungkan dengan komunikasi yang baik kepada setiap nasabah, PR mampu memperoleh publisitas tinggi dengan melakukan pelayanan yang sedikit berbeda kepada nasabah bunafit dan nasabah reguler tetap diberi pelayanan yang prima, PR berupaya meningkatkan mutu, kuantitas dan kualitas produk dan jasa perusahaan dengan selalu mengevaluasi produk dan jasa layanan, PR berupaya menumbuhkan good will (itikad baik) dan loyalitas konsumen seperti menjaga komunikasi dengan para nasabah, PR melakukan strategy pull (menarik), push (mendorong), and added value (kepuasan) dengan program-program yang menarik, suku bunga yang tinggi, adanya pelayanan terbaik, PR mempu mencapai target profit perusahaan seperti secara umum target BRI selalu tercapai setiap tahunnya dan PR mengkomunikasikan manfaat dan daya guna jasa perusahaan dengan komunikasi terutama terkait persaingan suku bunga dan kemudahan bertransaksi di BRI.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 25 Sep 2016 17:58 |
Last Modified: | 25 Sep 2016 17:58 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7992 |
Actions (login required)
View Item |