Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDIT AZIZIYYAH PEKANBARU

YULIA ANGGRAINI, - (2024) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDIT AZIZIYYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YULIA ANGGRAINI WATERMARK.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Yulia Anggraini, (2024): Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDIT Aziziyyah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDIT Aziziyyah Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 22 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sebelum tindakan masih rendah hanya mencapai 50,90 berada pada kategori cukup baik. Setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) menunjukkan peningkatan rata-rata pemahaman konsep siswa dari prasiklus hingga siklus II. Dapat dilihat pada siklus I rata-rata tes pemahaman konsep siswa meningkat dengan ratarata 66,36 dengan kategori baik. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II kemampuan pemahaman konsep siswa meningkat dengan rata-rata 81,81 dengan kategori sangat baik, artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDIT Aziziyyah Pekanbaru. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMIMI HARIYANI2013058501mimi-pgmi@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jun 2024 03:15
Last Modified: 26 Jun 2024 03:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79909

Actions (login required)

View Item View Item