Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMUNIKASI INOVASI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KECAMATAN MANDAU DALAM MELAKUKAN LAYANAN PADA MASYARAKAT MELALUI PROGRAM MOLDUK (MOBIL ONLINE LAYANAN KEPENDUDUKAN)

DICKY MAULANA AKBAR, - (2024) KOMUNIKASI INOVASI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KECAMATAN MANDAU DALAM MELAKUKAN LAYANAN PADA MASYARAKAT MELALUI PROGRAM MOLDUK (MOBIL ONLINE LAYANAN KEPENDUDUKAN). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP TANPA BAB V DICKY MAULANA AKBAR.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V HASIL PENELITIAN DICKY MAULANA AKBAR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian ini adalah dua kelurahan di Kecamatan Mandau, Talang Mandi dan Pematang Pudu. Kelurahan-keluraha ini telah menerapkan Program Molduk secara aktif, meskipun mereka jauh dari kantor Disdukcapil Kecamatan Mandau. Tujuannya adalah untuk mempelajari lebih lanjut tentang peran Komunikasi Inovasi Disdukcapil dalam meningkatkan layanan kependudukan di Kecamatan Mandau. Ini dicapai melalui Program Molduk, yang merupakan layanan kependudukan online yang tersedia melalui ponsel. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dan tidak menggunakan data angka untuk memberikan gambaran rinci. Kami menemukan dari observasi dan wawancara yang kami lakukan dengan empat narasumber bahwa komunikasi sangat penting untuk menerapkan inovasi Disdukcapil Kecamatan Mandau. Kedua, Program Molduk berkomunikasi dengan masyarakat secara efektif melalui pertemuan komunitas, media sosial, dan pesan singkat. Terakhir, tujuan Program Molduk adalah untuk mendorong layanan kependuduan menjadi lebih cepat. Menurut hasil penelitian, Program Molduk meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas layanan publik di Disdukcapil Kecamatan Mandau. Komunikasi kreatif telah terbukti sangat penting untuk meningkatkan layanan masyarakat. Program Molduk berhasil mengatasi beberapa hambatan ini dan membantu meningkatkan indikator sosial seperti partisipasi, komunikasi, layanan masyarakat, dan keterlibatan pihak terkait. Ini terjadi meskipun terdapat kendala dalam meningkatkan waktu layanan dan kepuasan masyarakat. Oleh karena itu, Program Molduk menghasilkan perubahan yang positif di bidang kependudukan. Ini menunjukkan bahwa inovasi ini tidak hanya menyederhanakan proses administratif tetapi juga membentuk paradigma baru dalam memberikan layanan kependudukan yang efektif dan efisien di era digital. Kata Kunci : Komunikasi Inovasi, Layanan, Program Molduk

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJULIS SURIANI2022079101julis.surianisyofian@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 26 Jun 2024 02:00
Last Modified: 26 Jun 2024 02:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79898

Actions (login required)

View Item View Item