Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

COLOR IN THE QUR'AN AND ITS RELEVANCE FOR CHARACTER BUILDING PSYCHOLOGY PERSPECTIVE

CLARA SHANTIKA AHYA, - (2024) COLOR IN THE QUR'AN AND ITS RELEVANCE FOR CHARACTER BUILDING PSYCHOLOGY PERSPECTIVE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “ Warna dalam Qur’an dan Relevansinya dengan Pembentukan Karakter Perspektif Psikologi”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui warnawarna yang dijelaskan dalam Qur’an dan relevansinya warna dengan pembentukan karakter manusia perspektif psikologi. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan analisis semiotik, Penelitian dengan objek kajiannnya menggunakan data pustaka berupa buku-buku, Qur’an, kitab serta literature yang ada sebagai sumber data. Hasil dari penelitian ini adalah Pertama, pandangan mufassir terhadap ayat-ayat warna dalam Qur’an yang tersebar di 32 ayat dalam 23 surat yang terdiri dari 6 warna, yaitu: warna merah melambangkan simbol gunung dan buah-buahan; warna kuning melambangkan hewan, api, angin, dan tumbuhan; warna hijau melambangkan surge; warna biru melambangkan wajah orang kafir di padang Mahsyar; warna hitam melambangkan malam, kekhawatiran, serta wajah orang berdusta; warna putih melambangkan fajar dan orang yang beriman. Kedua, pengaruh warna dengan pembentukan karakter ditinjau dari psikologi dakwah. Warna terang dan warna gelap menggambarkan kegembiraan dan kesedihan, keceriaan serta kesengsaraan. Adapun pembentukan karakter seseorang dapat dilihat dari Kekuataan spiritual, kekuatan potensi positif manusia, sikap dan perilaku etis. Keterbatasan dalam pembahasan skripsi ini adalah belum membahas warna yang berkaitan dengan alam serta warna yang berhubungan dengan illmu kedokteran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNIXSON HUSIN2013016701nixson.husin@uin-suska.ac.id
Thesis advisorJANI ARNI2017018201jani.arni@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 26 Jun 2024 02:12
Last Modified: 26 Jun 2024 02:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79896

Actions (login required)

View Item View Item