Meissy Armadi, - (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Smart Apps Creator dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Kampar. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
TANPA BAB IV WTR.pdf Download (9MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN WTR.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Meissy Armadi (2023): Pengembangan Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Smart Apps Creator dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Kampar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya media ajar di sekolah yang berbentuk permainan yang terintegrasi dengan teknologi, pemanfaatan media hanya dalam betuk slide presentase menggunakan microsoft powerpoint dan masih rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA. Oleh katena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi berbasis aplikasi Smart Apps Creator (SAC) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Kampar. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner, tes dan dokumentasi. Hasil validitas modul tata surya secara keseluruhan sudah dinyatakan sangat valid dengan penilaian ahli validasi materi mencapai persentase 96,13% dengan kategori sangat valid, ahli bahasa diperoleh persentase kevalidan sebesar 93,33% dengan kategori sangat valid dan ahli media sebesar 90,77% dengan kategori sangat valid. Selain itu tingkat praktikalitas oleh guru dinyatakan sangat praktis untuk digunakan kepada siswa dalam pembelajaran dengan memperoleh nilai 95,00%. Serta mendapatkan respon yang sangat baik dari 16 orang siswa dari kelas V B di UPTD SDN 016 Bukit Ranah dengan memperoleh nilai sebesar 93,5% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penilaian keefektivan media melalui uji t dan diperoleh nilai signifikansi (Sig. (2-tailed)) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang sebelum (pretest) dan sesudah (postest) perlakuan menggunakan media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam berbasis game edukasi menggunakan aplikasi Smart Apps Creator Kelas V Sekolah Dasar di Kecematan Kampar dengan nilai N-Gain tergolong efektif. Kata Kunci : Game Edukasi, Media Pembelajaran, Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2 | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Jun 2024 08:55 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Jun 2024 08:55 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79880 |
Actions (login required)
View Item |