Ary Pianto (2012) PERSEPSI MASYARAKAT RT 04 / RW 17 KELURAHAN SIDOMULYO BARAT KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU TERHADAP PROGRAM LISTRIK PINTAR PT PLN (PERSERO) WILAYAH RIAU DAN KEPULAUAN RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012120KOM.pdf Download (996kB) | Preview |
Abstract
Kehadiran Program Listrik Pintar atau dikenal dengan Listrik Prabayar di tengah masyarakat merupakan salah satu bentuk komitmen PT PLN ( Persero ) dalam meningkatkan mutu pelayanannya terhadap masyarakat. Sebelumnya masyarakat menggunakan listrik terlebih dahulu baru membayar, pada Listrik Pintar ini masyarakat membayar dulu baru menggunakannya. Caranya masyarakat membeli strom terlebih dahulu, kemudian kode strom itu di masukan seperti sistem “ Token “ ( pulsa ) ke meteran prabayar ( MPB ). Setelah itu baru listrik dapat digunakan. Keunggulan dari Listrik Pintar tersebut masyarakat tidak dikenakan biaya beban, penggunaannya juga dapat diawasi atau dikontrol sendiri oleh masyarakat setiap saat. Namun dari kemajuan Listrik Pintar tersebut tentu akan menimbulkan berbagai persepsi dikalangan masyarakat, baik itu persepsi positif maupun negatif. Masyarakat akan memiliki penilaian masing – masing sesuai latar belakang pendidikan, minat, pengetahuan, dan pengalaman. Apakah hadirnya Listrik Pintar tersebut dipandang positif oleh masyarakat, atau justru dipandang negatif oleh masyarakat. Apakah sesuai dengan yang dibutuhkan oleh masyarakat atau tidak. Dari permasalahan di atas maka penulis tertarik untuk meneliti bagaimana persepsi masyarakat khususnya yang belum menggunakan Listrik Pintar terhadap program Listrik Pintar PT PLN ( Persero ) Wilayah Riau dan Kepulauan Riau yang meliputi persepsi dari segi promosi, kualitas, dan layanan program Listrik Pintar. Penelitian ini akan dilaksanakan di RT 04 / RW 17 Kelurahan Sidomulyo Barat Kecamatan Pekanbaru. Adapun jumlah populasi sebanyak 84 KK. Untuk sampel diambil menggunakan rumus slovin dengan tingkat keeroran data 10 % sebanyak 46 KK. Angket yang disebarkan sebanyak 46 angket dan dapat diterima kembali secara keseluruhan. Kemudian data tersebut diolah dengan menggunakan teknik analisa data deskriptif kuantitatif, yaitu menjelaskan data dengan menggunakan tabel persentase. Setelah dilakukan rekapitulasi atas data yang sudah diperoleh, dapat diketahui hasilnya bahwa persepsi masyarakat yang belum menggunakan Listrik Pintar di RT 04 / RW 17 Kelurahan Sidomulyo Barat Kecamatan Tampan Pekanbaru terhadap program Listrik Pintar PT PLN ( Persero ) Wilayah Riau dan Kepulauan Riau dari segi promosi, kualitas, dan layanan program Listrik Pintar adalah cukup baik, hal ini dapat diketahui dari hasil analisa data dari segi promosi mencapai nilai 61,2 %, dari segi kualitas mencapai 62 %, dan dari segi layanan mencapai 66 %. Kemudian berdasarkan analisis secara keseluruhan persepsinya cukup baik, yaitu mencapai 63,5 %.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 25 Sep 2016 17:18 |
Last Modified: | 25 Sep 2016 17:18 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7977 |
Actions (login required)
View Item |