Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN KEPALA DESA DALAM PEMBANGUNAN DESA HUTALOMBANG KECAMATAN LUBUK BARUMUN KABUPATEN PADANG LAWAS BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 MENURUT PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH

TRI AYUNI HSB, - (2024) PERAN KEPALA DESA DALAM PEMBANGUNAN DESA HUTALOMBANG KECAMATAN LUBUK BARUMUN KABUPATEN PADANG LAWAS BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 MENURUT PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (751kB)

Abstract

ABSTRAK Tri Ayuni Hsb (2024): Peran Kepala Desa Dalam Pembangunan Desa Hutalombang Kecamatan Lubuk Barumun Kabupaten Padang Lawas Berdasarkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Menurut Perspektif Fiqih Siyasah Penelitian ini membahas tentang peran kepala desa dalam pembangunan desa Hutalombang. Peran kepala desa tentunya sangat mempengaruhi terhadap pembangunan-pembangunan yang ada di desa, tetapi masih ada permasalahan yang timbul dalam pembangunan Desa Hutalombang. Penulis skripsi ini dilatarbelakangi oleh diaturnya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Pasal 26 ayat 1. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1.Bagaimana peran kepala desa dalam pembangunan desa Hutalombang, Kecamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Padang Lawas. 2. Faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung dalam melaksanakan pembangunan desa Hutalombang. 3. Bagaimana Perspektif Fiqh Siyasah dan Undang-Undang terhadap peran kepala desa dalam melaksanakan pembangunan desa Hutalombang. Peneliti ini mengambil lokasi di Desa Hutalombang, adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Desa, Perangkat Desa, Anggota Badan Permusyawaratan Desa, Ketua Karang Taruna, dan Warga Desa. Sedangkan yang menjadi objek adalah Peran Kepala Desa terhadap Pelaksanaan Pembangunan Di Desa Hutalombang. Sumber data dari penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder, adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalu obsevasi, wawancara, dokumentasi, dan study pustaka berupa buku, Kemudian dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 dalam pelaksanaan pembangunan. peran kepala desa Hutalombang belum berjalan dengan sempurna.Pembangunan di desa ini belum terlaksana dengan semestinya, ada beberapa faktor yang yang menyebabkan terhambatnya pembangunan di desa ini yaitu: kondisi lahan, kesadaran masyarakat, keefesienan dalam pembangunan, dan belum maksimalnya pengawasan, namun ada juga faktor pendukung dalam melaksanakan pembangunan di desa ini yaitu: kerja sama antar aparat yang sangat baik, sikap positif masyarakat, kualitas sumber daya manusia,dan pelayanan publik yang baik. Dalam Fiqh siyasah tugas kepala desa Hutalombang belum berjalan sesuai dengan fiqh siyasah dusturiah karena menurut hasil penelitian belum transfaransi dalam hal pembangunan desa dan masih kurangnya interaksi dengan masyarakat serta jarang melibatkan masyarakat dalam mengambil keputusan untuk pembangunan desa. Kata kunci : Pembangunan Desa, Fiqih Siyasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJohari2020036401johari@uin-uinsuska.ac.id
Thesis advisorZainal Arifin2004076501zainalarifin@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 24 Jun 2024 02:57
Last Modified: 24 Jun 2024 03:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79755

Actions (login required)

View Item View Item