Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XII IPS 2 di SMAN 8 Pekanbaru

RIZKA AULIA PUTRI, - (2024) Analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XII IPS 2 di SMAN 8 Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (936kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XII IPS 2 di SMAN 8 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru geografi dan peserta didik kelas XII IPS 2 SMAN 8 Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan terlaksananya tahap-tahap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) kelas XII IPS 2 di SMAN 8 Pekanbaru. Penerapan model tersebut dapat mengatasi permasalahan yang dialami beberapa peserta didik dalam hal pemahaman materi, keaktifan dalam proses pembelajaran serta kesulitan dalam penyampaian pendapat saat pembelajaran. Adapun langkah-langkah yang diterapkan adalah (1) Tahap Persiapan, (2) Tahap Penyajian Kelas, (3) Belajar Dalam Kelompok, (4) Turnamen Permainan, (5) Penghargaan Kelompok. Berdasarkan data tersebut, maka dapat di simpulkan bahwa telah terlaksana semua tahapan dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) di kelas XII IPS 2 SMAN 8 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYulia Novita, -1013066801yulia.novita@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Jun 2024 07:58
Last Modified: 21 Jun 2024 07:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79709

Actions (login required)

View Item View Item