Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PENGURANGAN PENGGUNAAN KANTONG PLASTIK BERDASARKAN PERATURAN WALI KOTA PEKANBARU NOMOR 06 TAHUN 2023 DI MINIMARKET KELURAHAN LIMBUNGAN PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH

Diva Maulani Perdana Kusumah, Diva (2024) PELAKSANAAN PENGURANGAN PENGGUNAAN KANTONG PLASTIK BERDASARKAN PERATURAN WALI KOTA PEKANBARU NOMOR 06 TAHUN 2023 DI MINIMARKET KELURAHAN LIMBUNGAN PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRISI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kebijakan pemerintah Kota Pekanbaru yakni Peraturan Wali Kota Pekanbaru Nomor 06 Tahun 2023 tentang pengurangan kantong plastik yang berisi mengenai tugas dan wewenang, hak, kewajiban dan larangan, peran serta masyarakat, serta sanksi administratif bagi adanya pelanggaran. Namun, pada kenyataannya hal tersebut belum terealisasikan dengan baik dimana masih banyak masyarakat yang menggunakan kantong plastik sekali pakai, seperti di minimarket-minimarket dan tempat-tempat umum lainnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Pelaksanaan Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik Berdasarkan Peraturan Wali Kota Pekanbaru Nomor 06 Tahun 2023 di Minimarket Kelurahan Limbungan?, Apa saja faktor-faktor pengahambat Pelaksanaan Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik Berdasarkan Peraturan Wali Kota Pekanbaru Nomor 06 Tahun 2023 di Minimarket Kelurahan Limbungan?, Bagaimana Tinjauan Fiqih siyasah mengenai Pelaksanaan Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik Berdasarkan Peraturan Wali Kota Pekanbaru Nomor 06 Tahun 2023 di Minimarket Kelurahan Limbungan? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik Berdasarkan Peraturan Wali Kota Pekanbaru Nomor 06 Tahun 2023 di Minimarket Kelurahan Limbungan Perspektif Fiqih Siyasah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Lokasi penelitian ini adalah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru, Indomaret dan Angkasa 11 Limbungan. Informan dari penelitian ini adalah Sekteratis DLHK Kota Pekanbaru, Staff Bidang Persampahan DLHK Kota Pekanbaru, Kepala Toko Indomaret Limbungan, Kepala Toko Angkasa Mart 11 Limbungan dan masyarakat Kelurahan Limbungan. Teknik Pengumpulan Data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka dengan menjelaskan secara rinci dan sistematis data yang di dapat dalam penelitian. Hasil penelitian menemukan bahwasanya pelaksanaan pengurangan penggunaan kantong plastik ini sudah berjalan namun belum efektif. Hal ini terlihat dari pembinaan yang belum menjangkau seluruh masyarakat yang ada di Kota Pekanbaru, belum melakukan pengawasan dan pemberian sanksi yang menyebabkan masih adanya penggunaan kantong plastik terutama di minimarket Kelurahan Limbungan. Tinjauan Fiqh Siyasah didalam penelitian ini termasuk kedalam Siyasah Tanfidziyah dimana pemerintah memliki peran yakni membuat peraturan untuk mengatur dan menciptakan kesejahteraan di masyarakat. Adapun menurut tinjauan Siyasah Tanfidziyah Peraturan Wali Kota Nomor 06 Tahun 2023 Tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik ini sudah sejalan dengan aturan Islam, namun dalam pelaksanaannya masih ada beberapa yang belum berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSYAFRINALD, -2023098101UNSPECIFIED
TeacherZURAIDAH, -2013087101zuraidah@uin-suska.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Kantong Plastik, Minimarket, Fiqih Siyasah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 21 Jun 2024 07:47
Last Modified: 21 Jun 2024 07:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79702

Actions (login required)

View Item View Item