Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMIKIRAN IBN „ASYUR TENTANG KARAKTER MALU PEREMPUAN DALAM KITAB AT-TAHRIR WA AT-TANWIR (Kajian Tafsir Maqashid Al-Qur’an)

RAIHANI AZRA HASIBUAN, - (2024) PEMIKIRAN IBN „ASYUR TENTANG KARAKTER MALU PEREMPUAN DALAM KITAB AT-TAHRIR WA AT-TANWIR (Kajian Tafsir Maqashid Al-Qur’an). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN ANALISIS)
BAB HASIL DAN ANALISIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (826kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Pemikiran Ibn „Asyur Tentang Karakter Malu Perempuan Dalam Kitab At-Tahrir Wa At-Tanwir (Kajian Tafsir Maqashid Al-Qur‟an).” Fenomena memudarnya rasa malu telah mempengaruhi umat manusia terkhusus bagi perempuan sehingga perasaan tersebut harus ditanamkan. Dengan menggunakan perspektif Ibnu „Asyur yang menghubungkan pesan alQur‟an dengan situasi sosial, akhlak, dan lainnya yang menekankan paham akan konteks al-Qur‟an agar bisa menerapkan prinsip islam dengan relevan pada masyarakat. Adapun 2 permasalahan, yaitu bagaimana penafsiran ayat tentang alhaya‟ (malu) pada perempuan dalam kitab at-Tahrir Wa at-Tanwir dan bagaimana maqashid al-Qur‟an yang terdapat pada ayat-ayat mengenai al-haya‟ (malu) dalam tinjauan Ibnu „Asyur. Hadirnya penelitian ini bertujuan untuk memberi pemahaman penafsiran ayat-ayat tentang sikap al-haya‟ (malu) pada perempuan dalam kitab at-Tahrir Wa at-Tanwir dan memahami karakter malu perempuan dalam penafsiran al-haya‟ (malu) dalam tinjauan Ibnu „Asyur. Bertujuan untuk memahami cara dan ciri wanita muslimah dalam menjaga kehormatannya dengan menutup aurat, menjaga kemuliannya, tidak berhias secara berlebihan untuk menjaga marwah sebagai wanita. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan metode kualitatif dan sumber primer mengacu pada al-Qur‟an, kitab at-Tahrir wa at-Tanwir. Sumber data sekunder merujuk pada buku, artikel, jurnal, dan sumber bacaan lain yang berkaitan dengan judul penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan penafsiran Ibnu „Asyur menjelaskan mengenai tata krama pada wanita sehingga bisanya bersikap sebagai wanita yang terhormat dan mulia serta ciri wanita muslimah dalam menjaga kehormatannya dengan menutup aurat, menjaga kemuliaannya, tidak berhias secara berlebihan untuk menjaga marwah sebagai wanita dengan sikap al-haya‟ (malu). Kata kunci: Al-haya‟ (malu), Kitab at-Tahrir wa at-Tanwir, Maqashid Al-Qur‟an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJani Arni, -2017018201Janiarni@uin-suska.ac.id
Thesis advisorKhotimah, -2016087401Khotimah@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 21 Jun 2024 02:08
Last Modified: 21 Jun 2024 02:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79638

Actions (login required)

View Item View Item