Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

GHIBAH LIL FASIQIN DALAM RUANG PUBLIK DI ERA DIGITAL PERSPEKTIF MUFASIR MUHAMMAD QURAISH SHIHAB (STUDI ANALISIS SURAH AL- HUJURAT AYAT 12)

ULVA, - (2024) GHIBAH LIL FASIQIN DALAM RUANG PUBLIK DI ERA DIGITAL PERSPEKTIF MUFASIR MUHAMMAD QURAISH SHIHAB (STUDI ANALISIS SURAH AL- HUJURAT AYAT 12). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Ghibah, sebagai tindakan menyebut orang lain dengan hal yang tidak disenangi ketika mereka tidak hadir, merupakan praktik yang semakin merajalela di era digital. Salah satu bentuk ghibah yang khusus adalah ghibah lil fasiqin, di mana orang secara terang-terangan mengkritik perilaku yang melanggar norma agama dan moral yang dilakukan secara terang-terangan juga. Meskipun Islam menegaskan larangan terhadap ghibah, penelitian ini bertujuan untuk mengklarifikasi apakah ghibah lil fasiqin termasuk dalam pengecualian atau tidak, serta melihat bagaimana penafsiran ghibah lil fasiqin menurur shihab dalam surah Al-Hujurat ayat 12 dan mengetahui ghibah lil fasiqin di era digital. menurut perspektif M. Quraish Shihab dalam tafsir Al-Misbah. Melalui pendekatan pustaka dan analisis kualitatif, penelitian ini menunjukkan bahwa menurut Shihab, ghibah tergantung pada keberadaan keburukan yang disebutkan dan memenuhi beberapa syarat, ada beberapa ghibah yang di sebutkan salah satunya yaitu ghibah lil fasiqin. Di era digital saat ini, ghibah lil fasiqin semakin mudah ditemukan melalui berbagai platform, termasuk media berita. Namun, Shihab menegaskan bahwa ghibah terhadap individu yang melakukan dosa secara terang-terangan tidak berdosa, dengan catatan memenuhi syarat-syarat tertentu yang telah dijelaskan. Penelitian ini memperkaya pemahaman tentang ghibah di era digital dan mempertegas pandangan Shihab dalam konteks Al-Qur'an. Kata Kunci: Ghibah lil fasiqin, era digital, tafsir Al-Qur'an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorLUKMANUL HAKIM2002058901man89th@uin-suska.ac.id
Thesis advisorAgus Firdaus Chandra2129088503-
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 21 Jun 2024 06:32
Last Modified: 21 Jun 2024 06:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79623

Actions (login required)

View Item View Item