Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMBELAJARAN PERSAMAAN AKUNTANSI TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN (LAPORAN LABA RUGI, LAPORAN PERUBAHAN MODAL DAN NERACA) SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 02 PEKANBARU

Wardani Purnama Sari (2012) PENGARUH PEMBELAJARAN PERSAMAAN AKUNTANSI TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN (LAPORAN LABA RUGI, LAPORAN PERUBAHAN MODAL DAN NERACA) SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 02 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012112.pdf

Download (391kB) | Preview

Abstract

Sesuai dengan judul di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran persamaan akuntansi terhadap Kemampuan siswa menyusun laporan keuangan( laporan laba rugi, laporan perubahan modal dan neraca) siswa Kelas X(sepuluh) di SMK Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Peneliti mendapatkan data dilapangan dengan menggunakan teknik tes yang disebarkan kepada 57 orang siswa dan dokumentasi nilai. Sedangkan teknik analisa data, peneliti menggunakan teknik regresi linear sederhana. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh pembelajaran persamaan akuntansi terhadap Kemampuan siswa menyusun laporan keuangan( laporan laba rugi, laporan perubahan modal dan neraca) siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah 02 Pekanbaru dilihat dari persamaan Y = 26,138 + 0.645X Artinya setiap kali variabel X (nilai persamaan akuntansi) bertambah satu, maka rata-rata variabel Y (nilai laporan keuangan) bertambah 0,645. Dan untuk melihat signifikan korelasi dari kedua variabel tersebut dengan pada taraf signifikan 5% (0,878 > 0,250) ini berarti Ha diterima, Ho ditolak. Pada taraf signifikan 1% (0,878 > 0,325) ini berarti Ha diterima, Ho ditolak. Kontribusi pembelajaran persamaan akuntansi terhadap kemampuan siswa menyusun laporan keuangan r 2 adalah 0,77 x 100% = 77 % artinya kontribusi sebesar 77 %. Sedangkan uji F didapatkan 1,29 berarti F = 1,29 > 1, 02 maka H1 diterima , H0 ditolak. Karena ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran persamaan akuntansi terhadap kemampuan siswa menyusun laporan keuangan( laporan laba rugi, laporan perubahan modal dan neraca) siswa kelas X jurusan akuntansi di SMK Muhammadyah 02 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 04 Oct 2016 03:24
Last Modified: 04 Oct 2016 03:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7952

Actions (login required)

View Item View Item