Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS TERHADAP SISTEM PEMBAGIAN HARTA WARISAN PADA MASYARAKAT DESA SERUSA KABUPATEN ROKAN HILIR PERSPEKTIF TEORI WARIS MUNAWIR SJADZALI

SYAHRUL SYAHROBY, - (2024) ANALISIS TERHADAP SISTEM PEMBAGIAN HARTA WARISAN PADA MASYARAKAT DESA SERUSA KABUPATEN ROKAN HILIR PERSPEKTIF TEORI WARIS MUNAWIR SJADZALI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Pembagian harta warisan dalam Agama Islam telah ditetapkan di dalam al-Qur’an surah an-Nisa’ ayat 11, yaitu bagian seorang laki-laki sama dengan dua bagian perempuan. Berdasarkan hal tersebut, terdapat fenomena sosial yang terjadi pada Masyarakat Desa Serusa Kabupaten Rokan Hilir, dimana terdapat masyarakatnya yang melakukan pembagian harta warisan dengan menggunakan konsep melebihkan atau melimpahkan bagian pada salah satu ahli waris dan konsep bagian sama rata antara ahli waris laki-laki dan perempuan. Dari permasalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana sistem pembagian harta warisan pada masyarakat Desa Serusa, dan melakukan analisis untuk menghubungkan antara praktik pembagian warisan di Desa Serusa dan Teori Waris Munawir Sjadzali. Penelitian ini berbentuk studi lapangan (field research). Sumber yang dipakai meliputi sumber primer yang diperoleh dari wawancara kepada 10 keluarga yang melaksanakan pembagian warisan dengan karatkteristik tertentu (Purposive Sampling), serta buku-buku karangan Munawir Sjadzali yang terkait dengan pembahasan. Selain sumber primer, sumber dalam peneltitian ini juga meggunakan sumber sekunder yaitu buku-buku dan jurnal-jurnal yang terkait dengan pembahasan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari fenomena masyarakat Desa Serusa dalam membagi warisan dengan menggunakan metode 1:1 pada masyarakat Desa Serusa Kabupaten Rokan Hilir, ditemukan dua kasus menggunakan cara yang sama dengan teori waris Munawir Sjadzali. Sedangkan tiga kasus lainnya menggunakan cara damai sesuai dengan pasal 183 Kompilasi Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRAHMAN ALW, -2021067001,rahman.alwi@uin-suska.ac.id
Thesis advisorMUTASIR, -2008058501mutasir@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 19 Jun 2024 03:27
Last Modified: 19 Jun 2024 03:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79500

Actions (login required)

View Item View Item