Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA MELALUI MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) KELAS III SD MUHAMMADIYAH 037 PENYASAWAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Sulbaini (2012) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA MELALUI MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) KELAS III SD MUHAMMADIYAH 037 PENYASAWAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012245.pdf

Download (432kB) | Preview

Abstract

Memperhatikan kenyataan yang terjadi pada siswa Kelas III SDM 037 Penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. yaitu rendahnya minat belajar membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, maka penulis merasa perlu melakukan perbaikan pembelajaran dengan melakukan penelitian dengan Penerapan Model Inside Outside Circle (IOC). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca melalui model Inside Outside Circle (IOC) kelas III SD Muhammadiya 037 Penyasawan Kecamatan Kampar Penelitian ini dilaksanakan di Kelas III SDM 037 Penyasawan Kecamatan Kampar, Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi minat membaca siswa selama proses pembelajaran berlangsung dengan penerapan model Inside Outside Circle (IOC). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa adanya peningkatan minat belajar membaca siswa dengan persentase 69% dengan klasifikasi “Tinggi.” Setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka lebih meningkat dan telah mencapai 84% dengan klasifikasi ”Sangat Tinggi” Dari data ini menunjukkan bahwa apabila diterapkan Model Inside Outside Circle (IOC) secara benar sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaannya maka dapat meningkatkan minat belajar membaca siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Sep 2016 07:52
Last Modified: 28 Sep 2016 01:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7949

Actions (login required)

View Item View Item